Home / Hot News / Aksi Ritual Tradisi Tutup Penerimaan Prajurit TNI Lanal Ranai

Aksi Ritual Tradisi Tutup Penerimaan Prajurit TNI Lanal Ranai

NATUNA – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai gelar upacara penerimaan dan penutupan masa orientasi Perwira Remaja (Paja), Bintara Remaja (Baja) dan Tamtama Remaja (Taja) yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Lanal Ranai, Jum’at (28/10/2022).

Masa orientasi resmi ditutup oleh Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I. kepada 37 (tiga puluh tujuh) prajurit remaja yang baru masuk, terdiri dari Perwira 1 ( satu) orang, Bintara Remaja Pria 17 (tujuh belas) orang.

Bintara Remaja Wanita 2 (dua) orang dan Tamtama Remaja 17 (tujuh) orang yang nantinya akan menepati posisi jabatan diberbagai satuan di Lanal Ranai dan jajarannya. Diantaranya sebagai pengawak organisasi di staf, KAL, maupun di Posal – Posal.

Pada penutupan masa orientasi prajurit remaja, juga dilaksanakan tradisi penyambutan oleh Dewa Neptunus di Lanal Ranai.

 

Dimana hal ini mengadopsi dari tradisi ritual mandi khatulistiwa yang biasa dilaksanakan oleh KRI saat berlayar tepat melewati garis Khatulistiwa dan sudah di modifikasi sehingga bisa dilaksanakan di Lanal Ranai.

Selanjutnya para prajurut remaja Lanal Ranai akan dibaptis dengan cara dicelupkan ke air khusus dan setelah memasuki Mako Lanal Ranai pada acara terakhir para prajurit remaja akan meminum jamu khusus yang diberikan oleh Dewa Neptunus yang diperankan oleh Pjs. Kaur Binpuan dan Daya Guna Lettu Laut (P) Bagus Mondro Murti, A. Md.

Kegiatan dilanjutkan dengan memandikan air kembang kepada para pejurut remaja oleh Komandan Lanal Ranai dan dikuti oleh para orang tua dari prajurit remaja yang hadir dalam acara ritual tradisi mandi Khatulistiwa sebagai tanda sudah terima menjadi keluarga besar Lanal Ranai.

Pada kesempatannya Komandan Lanal Ranai yang hadir dalam acara menyampaikan dengan datangnya prajurit baru di satuan, perlu adanya orientasi atau pengenalan dan harus diisi dengan ilmu-ilmu pengetahuan tentang Alutsista yang dimiliki oleh Lanal Ranai yaitu Kal Pulau Bungaran, Kal Sengiap, Kal. Panda, Combat Boat Catamaran dan Sea Rider dan senjatanya yang mereka akan awaki.

“Dengan adanya masa orientasi diharapkan para prajurit baru agar segera menyesuaikan dengan lingkungannya dan dapat beradaptasi dalam melaksanakan kegiatan secara maksimal bersama-sama dengan seniornya,” kata Danlanal Ranai.*(Wnh)*

Comments

comments

Check Also

Dr YK: Perkara Menimpah Kliennya, Dunia Udah Terbalik?

PEKANBARU – Di Gedung Graha YK, Jalan Kartama (16/11/22) sore, kisah H. Urin (64) yang …

-->