Home / Hot News / Wahyudi El Panggabean: Keberanian Wartawan Lahir dari Kecintaan & Skill Jurnalisme

Wahyudi El Panggabean: Keberanian Wartawan Lahir dari Kecintaan & Skill Jurnalisme

MAKASSAR – Keberanian seorang Wartawan memburu informasi kebenaran, hanya terlahir dari kecintaan terhadap profesi serta skill Jurnalisme yang dipunyainya.

Pernyataan itu disampaikan Direktur Utama, Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC), Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H., di Hotel Pesonna Makassar, Sulawesi Selatan, pekan silam.

“Atas dasar kecintaan terhadap profesi plus profesionalisme itulah seorang wartawan meraih keberanian ‘tuk mengungkap kebenaran,” kata Wahyudi saat tampil sebagai Pembicara bertajuk : “Strategi Wartawan Menembus Narasumber”, dalam Pelatihan Jurnalis Sawit Apkasindo untuk Area: Sulawesi – Papua.

Pelatihan yang dilaksanakan secara Hybrid itu diikuti 50 peserta (30 peserta on-line dan 20 peserta hadir off line). Kegiatan dipusatkan di Aula Hotel Pesonna, Makassar 2 hari (29 – 30 Oktober 2021).

Selain itu, Wahyudi menyebut kekuatan seorang Wartawan sangat bergantung pada pemahamannya serta ketaatannya pada Kode Etik Jurnalistik Indonesia (KEJI).

“Jika wartawan paham dan taat KEJI, itu artinya wartawan itu memiliki moral yang baik. Kebaikan adalah sumber dari keberanian seseorang,” kata Wahyudi yang juga penulis buku-buku jurnalis itu.

Menurut Wahyudi era kini dengan perkembangan imformasi yang sangat pesat, wartawan mesti senantiasa meningkatkan skill dan profesionalismenya.

“Kesediaan untuk terus belajar juga lahir dari rasa cinta pada profesi ini. Padahal, tanpa belajar kontinu tentang ilmu jurnalis, seirang wartawan akan tergilas kemajuan,” katanya.

“Jadi sikap dasar yang harus dimiliki seorang yang ingin menjadi wartawan profesional adalah kecintaan pada profesi dan jangan berhenti belajar,” kata Wahyudi yang juga dikenal sebagai seorang Motivator itu.**

Comments

comments

Check Also

(Bag: II) Jawaban Bupati dan Cuitan Mamang Sentot, Soal SK Bupati Bukan Solusi, Rentenir Menggurita Pegawai Pasrah

“Nanti saya kumpulkan lagi bendaharanya, tks info nya,” jawab akun FB Afrizal Sintong Epi Sintong, …

-->