Home / Sport & Ragam / GIIAS 2021 Tampilkan Mobil Gaya Masa Kini

GIIAS 2021 Tampilkan Mobil Gaya Masa Kini

JAKARTA – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 resmi digelar. Banyak model mobil baru bertebaran di ajang 10 hari ke depan ini.

GIIAS 2021 digelar mulai hari ini, Kamis (11/11/2021), sampai Minggu (21/11/2021) pekan depan. Akan ada banyak mobil baru yang meluncur di GIIAS 2021. Beberapa di antaranya bahkan ada yang world premiere. Juga akan ada kendaraan bermotor listrik yang tengah digencarkan di Indonesia.

“Kita berharap bahwa pameran ini mendorong kebangkitan industri otomotif karena industri otomotif multiplier effect-nya tinggi. Saya melihat ada beberapa launching kendaraan bermotor baru di GIIAS. Ada juga kendaraan bermotor battery vehicle (mobil listrik) yang diharapkan bisa membuat ekosistem supply chain dari electric vehicle,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya saat upacara pembukaan GIIAS 2021 di ICE, BSD City, Tangsel, Kamis (11/11/2021).

Airlangga menyebutkan Indonesia sudah punya material yang bisa dimanfaatkan untuk industri kendaraan listrik, di antaranya nikel, kobalt, dan mangan.

“Dan kita dorong untuk industri katoda, industri battery cell sampai industri otomotif. Kita punya kemampuan dengan adanya domestic market untuk membuat industri supply chain yang lengkap, dan kita berharap industri ini seluruh swasembada di dalam negeri dan produknya bisa diekspor ke berbagai negara,” ucapnya.

Diharapkan, GIIAS membantu menggerakkan perekonomian di Indonesia. Tahun ini, diperkirakan penjualan mobil mencapai 850 ribu unit, naik dari 530 ribu unit dari tahun lalu. Ekspornya pun diharapkan bisa mencapai 300 ribu unit tahun ini.

“Tadi Bapak Presiden (Joko Widodo) juga menitipkan pesan, selamat atas GIIAS. Ini yang biasanya terus mendorong bergeraknya industri otomotif di Indonesia,” katanya.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan Gaikindo dengan dukungan pemerintah, agen pemegang merek (APM), dan principal akan terus mendorong perbaikan pencapaian industri otomotif Indonesia. Salah satunya adalah menginisiasi kehadiran GIIAS.

“GIIAS adalah pameran teknologi otomotif. Satu-satunya pameran otomotif di Indonesia yang mendapat dukungan penuh dari asosiasi otomotif dunia. GIIAS merupakan bagian dari rangkaian pameran otomotif dunia dan akan menjadi ajang yang memberikan informasi perkembangan industri otomotif Indonesia di mata dunia,” kata Nangoi.

“GIIAS menginspirasi publik dengan kehadiran teknologi otomotif terkini. GIIAS 2021 mengusung tema ‘Wheels to Move’, sebuah pernyataan bahwa industri otomotif Indonesia akan selalu bergerak maju bersama Gaikindo melalui penyelenggaraan GIIAS,” sambungnya.

GIIAS 2021 ini akan diramaikan oleh jajaran kendaraan penumpang dan kendaraan komersial kenamaan dunia. Merek-merek yang mengikuti GIIAS 2021 antara lain Audi, BMW, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Wuling, serta dari kendaraan komersial: Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania.

Merek-merek otomotif tersebut akan mengungkap berbagai produk kendaraan dan teknologi, termasuk kendaraan listrik pada press conference dari lini kendaraan penumpang dan kendaraan komersial peserta GIIAS 2021.

Beberapa APM sudah merilis produk barunya antara lain Avanza, Xenia, Xpander, dan lainnya.**

Comments

comments

Check Also

Tolak Pergubri, AP Serahkan Surat Aksi Demonstran di Polresta Pekanbaru

    PEKANBARU – Terkait diterbitkannya Pergubri Nomor 19 Tahun 2021 yang dinilai tidak mendasar, …

-->