Home / Hot News / Sutarman Harapkan Sosok Perempuan Tampil Dalam Pilkades 2021

Sutarman Harapkan Sosok Perempuan Tampil Dalam Pilkades 2021

LINGGA – Mantan Ketua Mahasiswa Lingga-Jogja, Sutarman mengharap ada sosok wanita tampil dalam ajang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan secara serentak disekitar 75 Desa se-Kabupaten Lingga pada 21 Juli 2021 mendatang. Menurutnya, dengan adanya UU tentang Desa saat ini, tugas dan wewenang Kepala Desa semakin besar dan harus dikelola dengan penuh kehati-hatian, maka hal itu lebih identik dimiliki oleh seorang wanita.

Berdasarkan Peraturan Bupati No 30 Tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2021 dan Surat Keputusan Bupati No:266/KPTS/IV/2021 tentang Penetapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Lingga Tahun 2021, seorang Kepala Desa harus lebih hati-hati dalam menggunakan dana desa guna kemajuan desanya.

“Adanya UU No 6 Tentang Desa, tugas wewenang desa semakin besar dalam penataan dan pengelolaan desa yang lebih baik, yang mana menjadi harapan bahwa desa mampu berdiri sendiri dalam upaya pengembangan pembangunan desa dan peningkatan ekonomi masyarakat menjadikan sumber pendapatan desa. Dengan itu jelas dinyatakan adanya UU Desa menjadikan desa maju, mandiri dan sejahtera, membangun dari pinggiran,” kata Sutarman sebagai mana dikutip dari Selingga.com pada Sabtu (12/6/2021) melalui pesan elektronik.

Sutarman yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kabid Pemdes di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lingga, menambahkan kalau pemerintah desa nantinya harus bisa menyusun Sustainable Development Goals (SDGs).

“Dengan Adanya Peran Intruksi Kementerian Desa bahwa pemerintah desa wajib menyusun SDGs Desa dan Data Potensi Desa agar kedepannya desa memiliki data sesuai sumber dan potensi yang akan dikembangkan dengan baik,” lanjutnya.

Selain itu Sutarman juga menambahkan, sosok dan peran perempuan juga harus dipertimbangkan dalam pembangunan desa kedepannya, karena perempuan juga memiliki potensi yang luar biasa dalam kepemimpinan.

“Disebutkan bahwa SDGs Desa adanya pemberdayaan perempuan perlu ditingkatkan dalam peran pembangunan desa, artinya banyak harapan kita bahwa perempuan memiliki potensi-potensi dalam memimpin dan jadi pemimpin,” tambah Sutarman.

Lebih jauh, Sutarman yang kini menjabat sebagai Camat Kepulauan Posek mengharapkan kepada kaum perempuan dikecamatan Posek khususnya, bisa tampil sebagai sosok baru dalam kepemimpinan desa nantinya, yang mana akan memimpin desa dengan lembut, tegas, peduli dan perhatian pada sekitarnya.

“Perempuan memiliki hati yang lembut, penuh dengan kehati-hatian, kepedulian dan perhatian kepada sekitarnya. Saya berharap ada Bakal Calon (Balon) kepala desa pada Pilkades serentak 2021 ini dari kalangan perempuan yang hadir dan tampil sebagai sosok baru dalam memimpin desa di Kabupaten Lingga,” kata Sutarman.

Untuk itu, Sutarman menghimbau kepada Panitia Pelaksanaan Pilkades dapat memberikan ruang yang luas dan mensosialisasikan kembali kepada seluruh masyarakat, tentunya dengan mengedepankan terciptanya semarak demokrasi yang luber dan Jurdil, serta menjadikan pilkades ajang silaturahmi menyatukan satu visi dan misi dalam pembangunan desa yang lebih baik, Menuju Desa Maju, Mandiri dan Sejahtera.

“Namun, sehubungan sa’at ini kita masih dihadapkan dengan masa pandemi, kepada seluruh panitia Pilkades dan KPPS desa agar dapat mengedepankan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi guna pencegahan atau penyebaran Covid-19, ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintahan dalam penanganan Covid-19”, **(Ijal)

Comments

comments

Check Also

TNI-AL Dabo Singkep Adakan Serbuan Vaksinasi Dosis Ke 2 Kepada Masyarakat Pesisir

LINGGA – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal)  Dabo Singkep melaksanakan serbuan Vaksinasi Dosis Ke 2 …

-->