Home / Hot News / Hadir di Malam Puncak Bakar Tongkang, Acan: Bupati Kita Tak Kenal Lelah
Acan saat mendampingi Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Istri di Kelenteng In Hok King - (Foto by: Istimewa)

Hadir di Malam Puncak Bakar Tongkang, Acan: Bupati Kita Tak Kenal Lelah

ROKANHILIR – Kehadiran Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong, membuat kejutan semua warga Tionghoa di Rohil. Pasalnya, dimalam puncak sembahyang Bakar Tongkang, sekitar pukul 23.30 WIB, Bupati beserta Istri hadir dengan berjalan kaki dari kediamannya menuju Kelenteng In Hok King.

Menjalankan tugas sebagai seorang Kepala Daerah tidaklah mudah, dengan segala daya upaya tentu dirinya akan melakukan yang terbaik buat masyarakatnya. Apa lagi, bermacam ragam etnis, suku ada di Negri Seribu Kubah, serta beragam Agamanya.

Perayaan Even Nasional Bakar Tongkang di Ibukota Bagan Siapi-api, Kabupaten Rokan Hilir tahun 2021 ini tidak meriah seperti tahun sebelumnya. Pandemi menjadi salah satu alasan krusial yang menerpa belahan dunia. Dan sudah tahun kedua (2) kemeriahan Bakar Tongkang Rohil tiada.

Suasana Bakar Tongkang 2019

Berita terkait:

“Kita sangat terkejut sekali atas kedatangan Pak Bupati Afrizal beserta Istri di Pekong Besar (In Hok King). Apa lagi, malam itu jam sudah menunjukan pukul 23.30 WIB lebih,” ujar Acan, tokoh masyarakat Rohil, saat berbincang hangat dengan awak media ini, Sabtu (26/6) di kediamannya, melanjutkan.

“Kita sangat apresiasi atas kehadiran Pak Bupati dan Istri. Padahal Pak Bupati di informasikan baru saja balik dinas dari Pekanbaru. Tanpa mengenal lelah dan letih, beliau hadir dimalam puncak sembahyang Bakar Tongkang dan berdiri bersama kita semua,” papar Acan, yang terlihat kekagum.

Sosok Bupati Rohil Afrizal Sintong kini tengah menjadi perbincangan hangat ditengah-tengah warga keturunan tionghoa Rohil. Karena dia dinilai tidak mengenal lelah dan letih dalam membagi waktunya untuk kebahagian masyarakatnya.

Walau, kemeriahan even nasional bakar tongkang tidak semeriah dan semegah dahulu yang terus mengharumkan nama Rokan Hilir sampai kekancah Internasional, masyarakat keturunan tionghoa di Rohil terus melaksakan kegiatan tersebut walau secara sederhara demi mengenang para leluhurnya.

Berita terkait:

Sementara, Bupati Rohil Afrizal Sintong, dikonfirmasi awak media ini mengatakan, sebagai Bupati sudah menjadi tugas dan tanggung jawab memberi rasa keadilan dan kedamaian kepada selurur masyarakat.

Dan menurutnya, dirinya sangat meyakini bahwa Pandemi ini akan segera berlalu agar kedepan even nasional bakar tongkang berjalan meriah seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Mari kita Do’akan bersama agar pandemi ini segera berlalu. Dan bagi warga yang mengenang kegiatan bakar tongkang, tetap bersama-sama menjaga dan mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Untuk diketahui, dikemeriahan event nasional Bakar Tongkang Rohil juga berperan dalam perputaran ekonomi. Dalam sepekan kegiatan tersebut, perputaran ekonomi di Ibukota Bagan Siapi-api sangat signifikan dan bahkan, menurut jasa keuangan perputaran Rupiah bisa mencapai puluhan Miliar.

Selain itu, wisatawan baik Domistik dan Manca Negara terus mengunjungi even tahunan di Kota berjuluk Seribu Kubah itu.

“Sudah masuk tahun ke 2 even bakar tongkang Rohil tanpa perayaan yang besar. Mari kita kita berdo’a bersama-sama agar pandemi ini segera berlalu. Dan tetap patuhi protokol kesehatan,” ajak Acan, kepada seliruh masyarakat Rohil.**

 

Laporan by: Memed
Editor by: Tim Redaksi

Comments

comments

Check Also

Jawaban Tegas Ketua Dewan Pers Soal Pergubri No 19 Thn 2021

“Dewan Pers tidak pernah meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk tidak bekerjasama dengan perusahaan media yang …

-->