Home / Hot News / Resmikan Puskesmas, Bupati Harap Jadi Motivasi Tenaga Medis
Drs. H. Irwan Nasir, M.Si saat menanda tangani prasasti Puskesmas Merbau

Resmikan Puskesmas, Bupati Harap Jadi Motivasi Tenaga Medis

MERANTI – Di penghujung masa baktinya, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan Nasir M.Si menyempatkan diri meresmikan gedung Puskesmas Teluk Belitung Kecamatan Merbau, Selasa (9/2/2021) sore. Kesempatan itu juga dimanfaatkan untuk berpamitan kepada warga setempat.

Peresmian Puskesmas ini turut pula dihadiri Wakil Ketua DPRD Khaled Ali dan Ketua Komisi I DPRD Pauzi SE. Terlihat juga Kadis Kesehatan Misri Hasanto, Kadis Perhubungan Aready, Plt Kadis Perindag Abu Hanifah, Kadis Pertanian Arif Rahman Hakim, Kasatpol PP Helfandi, dan Kabag Humaspro Rudi Hasan.

Sementara dari unsur setempat tampak Camat Merbau Abdul Hamid, Camat Tasik Putripuyu Sugiati, Kepala UPT Puskesmas Teluk Belitung dr Suhadi dan Kapolsek Merbau Iptu Sahrudin Pangaribuan SH serta Upika lainnya. Seluruh tenaga medis dan paramedis juga menyambut kehadiran Bupati di acara tersebut.

Bupati Irwan Nasir saat memberikan sambutan tampak sumringah, dia mengaku terkejut melihat megahnya bangunan puskesmas tersebut.

“Terus terang saya terkejut melihat bangunan puskesmas ini. Berbeda jauh dengan apa yang banyak saya dengar berita-berita di media sosial. Sebelumnya saya sudah berencana melihat pengerjaan puskesmas ini namun tidak memiliki kesempatan waktu, tapi hari ini saya terkejut ternyata bangunannya sangat luar biasa,” ungkapnya.

Dengan bangunan yang megah tersebut, Irwan berharap pelayanan kesehatan masyarakat semakin meningkat. Secara khusus dia berpesan kepada Kepala UPT Puskesmas Teluk Belitung dr. Suhadi dan seluruh tenaga medis dan paramedis agar menjaga aset Puskesmas tersebut dengan baik.

“Semoga ini semakin memotivasi para tenaga medis di sini dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selama ini pelayanan Puskesmas Teluk Belitung ini sudah sangat baik yang dibuktikan dengan prestasi di tingkat nasional,” harap Bupati.

Lebih lanjut Bupati Irwan juga meminta Kadis Kesehatan untuk meningkatkan kualitas fasilitas puskesmas tersebut. Diantaranya dengan menyediakan peralatan yang baru dan semakin lengkap.

“Dan yang lebih penting melengkapi tenaga kesehatan agar pelayanan lebih berkualitas,” imbuhnya.

Irwan juga memiliki harapan besar agar Puskesmas itu kelak bisa menjadi Rumah Sakit Pratama. Dengan demikian bisa dilengkapi dengan dokter spesialis terutama spesialis kandungan, spesialis anak, spesialis bedah, dan penyakit dalam.

Dia mencontohkan, bila ada ibu hamil yang harus dioperasi cesar, maka dapat dilakukan di RS pratama tersebut. Dengan begitu dapat meningkatkan harapan hidup ibu dan anak. “Ini mimpi saya dan ini mimpi kita semua dimana puskesmas yang sudah megah di kecamatan ini dapat naik tingkat jadi rumah sakit pratama,” papar dia.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Misri Hasanto menjelaskan bahwa puskesmas Teluk Belitung telah memiliki tiga gedung. Dua gedung lama dan satu gedung baru. UPT Puskesmas Teluk Belitung juga menjadi puskesmas terbaik se-Meranti yang telah meraih prestasi tingkat nasional.

Puskesmas Teluk Belitung juga menjadi puskesmas terakhir yang diresmikan Bupati Irwan. Menurut Misri, sembilan kecamatan di Meranti sudah memiliki bangunan Puskesmas yang setara dengan rumah sakit pratama. Bahkan di Selatpanjang Kecamatan Tebingtinggi memilili dua unit puskesmas.

Peresmian puskesmas itu juga dilakukan dengan prosesi penandatanganan prasasti, gunting pita dan potong tumpeng. Bupati juga meninjau tiap ruangan dalam puskesmas. Tak lupa dia berpesan agar masyarakat ikut menjaga bangunan dan fasilitas puskesmas tersebut.

“Jaga juga para tenaga kesehatan di sini agar betah dan semangat menjalankan tugas. Bantu mereka carikan tempat tinggal atau kalau ada kegiatan makan-makan di rumah, antar juga ke rumah para dokter kita agar mereka semangat dan betah bertugas di sini,” imbau Bupati.

Dengan agak terharu, Bupati Irwan juga memanfaatkan momentum itu untuk pamit karena sebentar lagi akan mengakhiri masa jabatan Bupati. “Saya mohon maaf karena belum dapat memenuhi semua harapan dan keinginan masyarakat. Saya ini hanya manusia biasa. Saya ucapkan terima kasih atas dukungan selama ini. Mari kita dukung bupati selanjutnya untuk membangun Meranti tercinta ini,” tutup dia. (Rls).

Comments

comments

Check Also

TNI-AL Dabo Singkep Adakan Serbuan Vaksinasi Dosis Ke 2 Kepada Masyarakat Pesisir

LINGGA – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal)  Dabo Singkep melaksanakan serbuan Vaksinasi Dosis Ke 2 …

-->