Home / Go Fokus / Bapak Sejuta Solusi, Resmi Jabat Sekda Rohil
Sekda Rohil, H. M. Job Kurniawan - (Foto by: Rahmad S)

Bapak Sejuta Solusi, Resmi Jabat Sekda Rohil

ROKANHILIR – Tepat Senin, 11 Januari 2021, Pemerintah Daerah Rokan Hilir (Rohil), melantik Sekretaris Daerah (Sekda).

Acara pelantikan di Gedung Misran Rais (Gedung Serbaguna), Jalan Nelayan, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rohil, berjalan hikmat dan lancar. Deretan papan ucapan selamat bertebaran disepanjang jalan dan seputaran gedung tersebut.

Ya, Job Kurniawan, sipemilik julukan ‘Bapak Sejuta Solusi’ bagi masyarakat Rokan Hilir itu telah dilantik. Job, sapaan Sekda Rohil baru itu, lulus menyandang predikat terbaik saat Asesmen beberapa waktu silam yang di ikuti beberapa orang peserta ASN.

Selain itu, Job Kurniawan juga terbilang sosok pria lembut, bertangan dingin dan memiliki segudang pengalaman di birokrasi pemerintahan. Sebelum menjabat Sekda Rohil, Job Kurniawan telah menjabat Kepala BAPPEDA Rohil.

Untuk diketahui, Sekretariat Daerah (disingkat Setda) adalah unsur pembantu pimpinan Pemerintah Daerah (Pemda), yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (disingkat Sekda). Sekretaris Daerah bertugas membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan Dinas Daerah dan lembaga teknis daerah.

Dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya, Sekda bertanggung jawab kepada Kepala Daerah. Sekretaris Daerah diangkat dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memenuhi persyaratan.

Sekretaris Daerah karena kedudukannya sebagai pembina PNS di daerahnya. Sekretaris Daerah dapat disebut jabatan paling puncak dalam pola karier PNS di Daerah.

Adapun Undang-undang tentang Pemerintah Daerah, Nomor 23 Tahun 2014, yang terakhir diubah menjadi UU Nomor 9 Tahun 2015, perlu menetapkan peraturan Presiden tentang pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) yang tertuang pada Perpres Nomor 3 Tahun 2018.

Usai pelantikan, perbincangan hangat antara awak media Gopesisir.com dan Sekda Rohil, Job Kurniawan, pun memaparkan soal program skala prioritas yang menurutnya tetap pada kepentingan masyarakat yang menyentuh sektor kerakyatan di bidang perikanan, pertanian, peternakan, pariwisata dan perkebunan.

Kelima (5) sektor tersebut lanjut Job, adalah merupakan sumber potensi yang harus dipacu. Karena itu sangat bersentuhan dengan masyarakat secara langsung.

“Pembenahan 5 sektor kerakyatan ini akan kita terus prioritaskan, agar kedepan menjadi lebih baik lagi,” kata Job.

 

Laporan by: Mmd

Comments

comments

Check Also

Listyo Sigit Prabowo Sebagai Calon Tunggal Kapolri, Repdem: Itu Sudah Tepat

PEKAN BARU – Organisasi Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) menyakini penunjukan Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Listyo …

-->