Home / Sosial & Lingkungan / Masyarakat Lingga Harapkan, Porkes Di Pelabuhan Kembali Di Tegakkan

Masyarakat Lingga Harapkan, Porkes Di Pelabuhan Kembali Di Tegakkan

LINGGA – Diduga akibat menurunnya penerapan standard protokol kesehatan dibeberapa pintu masuk ke Kabupaten Lingga, membuat masyarakat terpapar dan berstatus positif Covid-19 didaerah itu menjadi meningkat, yang mana sebelumnya terkonfirmasi sebanyak 23 orang kini menjadi 26 orang.

Dengan adanya peningkatan secara drastis tersebut, masyarakat Kabupaten Lingga khususnya, mengharapkan pemerintah daerah melalui dinas-dinas terkait kembali memaksimalkan pemberlakuan hukum protokol kesehatan dibeberapa titik sarana alternatif penghubung masyarakat yang tersebar se-Kabupaten Lingga kembali ditegakkan.

Sebagai mana disampaikan oleh salah seorang masyarakat kepada Gopesisir.com, bahwa penglibatan masyarakat langsung sebagai pelaku utama dalam upaya pemutusan mata rantai pandemi ini memang suatu langkah yang efektif, namun penerapan tersebut juga harus lebih ditingkatkan disetiap akses yang menjadi pintu keluar masuknya masyarakat, terutama dipelabuhan.

“Merupakan langkah yang paling efektif dalam melawan pandemi covid-19 ini, adalah dengan melibatkan langsung masyarakat sebagai pelaku utama pemutusan mata rantai penyebaran dan penularannya, yaitu dengan senantiasa menggunakan masker bila bepergian, selalu menghindari kerumunan dan mencuci tangan dengan memakai sabun, namun penerapan ini haruslah lebih ditingkatkan dikawasan pelabuhan”. Ujar AFL kepada awak media ini, Kamis (17/12/2020).

Menurutnya, pengecekan kesehatan, pendataan pengunjung dan sterilisasi lingkungan dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan juga tidak kalah pentingnya dilakukan, karena yang sangat rentan terjadinya penularan adalah bersumber dari pelabuhan yang menjadi salah satu tempat berkumpulnya orang dari berbagai daerah.

“Seperti kita ketahui bersama, penyemrotan cairan disinfektan hampir tidak pernah lagi dilaksanakan dipintu-pintu (pelabuhan-pelabuhan _red) masuk ke Kabupaten Lingga, pada hal itu sangat dibutuhkan dalam upaya pemutusan penyebaran Virus Disease Covid19”. Tambahnya.

Atas kejadian tersebut, dia berharap pemerintah segera melakukan upaya-upaya penanganan secara segera, hal 8ni bertujuan menekan terus bertambahnya warga Kabupaten Lingga semakin terpapar Covid-19. **(Ijal).

Comments

comments

Check Also

Lamban Penindakan, Jikalahari Laporkan PT. Arara Abadi Ke Bareskrim Polri

JAKARTA – Non Governmental Organization (NGO) Jikalahari bersama Aliansi Mahasiswa Pelalawan Jakarta (AMPJ) Riau melaporkan …

-->