Home / Sosial & Lingkungan / Koramil 02/TT Laksanakan Patroli Dan Komsos Dampak Buruk Karhutla

Koramil 02/TT Laksanakan Patroli Dan Komsos Dampak Buruk Karhutla

MERANTI – Pembukaan lahan dengan cara membakar menjadi salah satu dari sekian penyebab terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), untuk itu patroli pemantauan dan diseminasi informasi mengajak masyarakat peduli, agar jangan sampai terjadinya kebakaran hutan dan lahan sangat diperlukan.

Demikian dikatakan Dandim 0303/Bengkalis, melalui Koramil 02/TT, yang disampaikan Serma Sumardi, terkait pelaksanaan giat patroli pemantauan Karhutla desa binaan, oleh Babinsa setempat, Serda Tanjas Kusuma di Desa Sungai Gayung Kiri Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti, Minggu (25/10/2020).

Menurutnya, cara mudah atau jalan pintas bagi sebagian oknum untuk membuka lahan pertanian baru dengan cara membakar, merupakan suatu perbuatan yang salah, maka dari itu komsos dan patroli merupakan cara yang efektif dalam menekan terjadinya Karhutla.

“Memberi pemahaman dan menimbulkan kesadaran kepada masyarakat melalui Komsos agar terlibat secara langsung dalam mengantisipasi terjadinya bencana karhutla merupakan salah satu cara efektif meminimalisir terjadinya kebakaran”. Ucap Serma Sumardi.

Sementara itu, dari lokasi pelaksanaan, Babinsa wilayah binaan, Serda Tanjas Kesuma mengatakan, dalam patroli pemantauan juga dilakukan pengecekan dan memastikan embung-embung air, serta sekat kanal dalam keadaan baik serta mempunyai persediaan air yang cukup, karena hal ini merupakan bagian yang tak kalah pentingnya dilakukan dalam patroli pemantauan.

“Patroli pemantauan yang dilaksanakan bersama Bhabinkamtibmas AIPTU Mada, Kepala Desa dan Staf, serta MPA Desa Gayung Kiri, berjalan tertib lancar dan aman, serta tidak ditemukan sebarang titik api dilapangan”. Kata Serda Tanjas Kesuma. **(Red).

 

Comments

comments

Check Also

Hery-Kozen Sampaikan Program Logika, Bukan Janji Politik Belaka

MERANTI – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti, pemegang nomor urut 02 Hery …

-->