Home / Sosial & Lingkungan / Desa Sendaur Terima 244 Sertifikat Tanah Gratis

Desa Sendaur Terima 244 Sertifikat Tanah Gratis

MERANTI – Desa Sendaur Kecamatan Rangsang Pesisir, menjadi salah satu dari sekian desa penerima sertifikat tanah untuk rakyat secara virtual dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kepulauan Meranti Riau, dan diterima secara simbolis oleh Hasyim Z dan Mauluddin digedung biru Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Jum’at (7/8/2020).

Kepala BPN Kepulauan Meranti, Budi Satrya S.Si. MSi, dalam sambutannya menjelaskan bahwa pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) adalah kegiatan pendaftaran tanah yang dilakukan secara menyeluruh dalam satu desa dengan sistematis sehingga membentuk desa lengkap, kegiatan ini menggunakan metode mendekat, merapat, dan menyeluruh. Termasuk tanah wakaf yang berada dalam desa lokasi PTSL juga didaftarkan untuk diterbitkan sertipikat.

“Saat ini jumlah tanah terdaftar (bersertipikat) diperkirakan sudah mencapai 33,7% dari jumlah bidang tanah di Kabupaten Kepulauan Meranti, dan ditargetkan tahun 2024 seluruh bidang tanah di Kabupaten Kepulauan Meranti selesai didaftarkan”. ujar Budi.

Budi Satrya melanjutkan, target kegiatan PTSL tahun 2020 yang dilakukan secara swakelola PBT sebanyak 4000 bidang, SHAT sebanyak 2000 bidang dan PTSL-PM yang pelaksanaannya melibatkan pihak surveyor berlisensi dan partisipasi masyarakat PBT sebanyak 10.000 bidang.

“Realisasi kegiatan PTSL tahun 2020 PTSL swakelola PBT selesai 4.000 bidang (100%), dan SHAT selesai 2.000 bid (100%) dengan rincian K1 sebanyak 1.810 bidang dan K3 sebanyak 190 bidang”. Tambahnya.

Dijelaskannya, penerbitan peraturan bupati 71 tahun 2019 tentang pembiayaan kegiatan persiapan PTSL, sebagai tindak lanjut keputusan bersama Menteri ATR/BPN, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 25/SKB/V/2017, Nomor 590-3167A, nomor 34 tahun 2017. menurutnya Perda ini menjadi pedoman perangkat desa dalam hal pengelolaan biaya Penyiapan dokumen, pengadaan patok dan materai, operasional petugas desa dalam membantu pengumpulan data fisik dan yuridis, dan sangat membantu lancarnya kegiatan PTSL di lapangan.

“Kami juga sangat mengharapkan SPT-PBB pada lokasi desa kegiatan PTSL dapat dicetak pada bulan Januari/Februari, untuk kelengkapan data yuridis dan memudahkan penentuan masyarakat yang terkena dan tidak terkena pembayaran BPHTB”. Harapnya.

Sementara itu, usai kegiatan yang diadiri Sekda Kepulauan Meranti Bambang Suprianto SE. MM, Ketua DPRD Meranti Ardiansyah, Kajari Kepulauan Meranti, Budi Raharjo SH. MH, Danramil 02/TT Mayor Arm Bismi Tambunan SE, Kasat Binmas Polres Meranti, AKP Jufri SH, serta pihak terkait lainnya, Kepala Desa Sendaur, Ardianto, S.Th.I yang didampingi Sekcam Rangsang Pesisir Masnawi, M.Ag menyebutkan, desanya menerima sebanyak 244 Sertifikat gratis.

“Terutama kita mengucapkan terima kasih kepada pemerintah mulai dari pusat, provinsi hingga ke kabupaten yang telah memberikan sertifikat tanah secara gratis kepada masyarakat, hal ini tentu akan dapat mempermudah masyarakat dalam hal legalitas kepemilikannya”. Papar Ardianto. **(Red).

Comments

comments

Check Also

Dana BOS Afirmasi: Pihak Terkait Saling Lempar Jawaban

MERANTI – Diduga ada indikasi penyelewengan dalam pengelolaan dana BOS Afirmasi, Kepala Sekolah Dasar Negeri …

-->