Home / GO Kodim News / Cegah Karhutla, Koramil 02/TT Lakukan Antisipasi Secara Dini

Cegah Karhutla, Koramil 02/TT Lakukan Antisipasi Secara Dini

MERANTI – Komandan Rayon Militer (Danramil) 02/TT, Mayor Arm. Bismi Tambunan terus gencarkan imbauannya kepada Babinsa disetiap wilayah binaan untuk melakukan antisipasi terhadap bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dengan melaksanakan patroli rutin pemantauan, Jumat (7/8/2020).

Disampaikan Danramil 02/TT melalui Serma Sumardi, adapun patroli rutin yang dilakukan oleh Serda  Muslim bersama dengan Bhabinkamtibmas Briptu Syafrianto, Kades Samsi, dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Tenan Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti itu sebagai upaya mengatasi secara dini akan bencana Karhutla yang kerap terjadi didaerah yang bercuaca extrim dan berlahan tanah gambut seperti daerah ini.

“Kita menghimbau kepada seluruh Babinsa disetiap wilayah binaan, untuk sering melakukan patroli Karhutla, guna mengantisipasi bencana karlahut yang kerap terjadi dimusim kemarau dan diperkirakan tidak berapa lama lagi”. Ujar B. Tambunan.

Menurut Danramil 02/TT lagi, selain melakukan patroli penanganan Karhutla, Babinsa juga diminta senantiasa menyampaikan akan bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari Karhutla melalui Komunikasi Sosial (Komsos) kepada masyarakat.

“Bersamaan dengan itu kita juga mengintruksikan kepada Babinsa untuk senantiasa menyampaikan akan bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari Karhutla melalui Komunikasi Sosial (Komsos) kepada masyarakat”. Sambung Danramil.

Hal senada juga diungkapkan oleh kepala desa setempat, menurutnya upaya pencegahan dini seperti ini sangat penting dilakukan, karena dengan melakukannya secara dini, kemungkinan terjadinya karlahut dapat ditekankan.

“Diperlukan upaya upaya sedini mungkin dalam penanganan dan penanggulangan bencana karlahut, karena dengan menekan dampak serta gejalanya maka Karhutla akan dapat diminimalisirkan”. Ucap Samsi. **(Red).

Comments

comments

Check Also

Antisipasi Karhutla, Koramil 02/TT Siapkan Langkah Dini

MERANTI — Sebagai bentuk antisipasi secara dini terjadinya bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), menjelang …

-->