Home / GO Kodim News / Lanal Dabo Singkep Berhasil Evakuasi ABK KLM Putri Setia Yang Tenggelam

Lanal Dabo Singkep Berhasil Evakuasi ABK KLM Putri Setia Yang Tenggelam

LINGGA – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dabo Singkep, berhasil selamatkan 5 orang Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Layar Motor (KLM) Putri Setia, GT.31, yang tenggelam diseputaran perairan Selinsing, Pulau Mas Kabupaten Lingga, atau tepatnya dititik koordinat 00.18.173’S 144.05.179.E.

Kapal yang bermuatan kelapa bulat seberat 70 ton dari Sungai Lokan tujuan Sungai Guntung diduga tenggelam akibat mati mesin dan buruknya faktor alam (cuaca buruk).

Hal itu dibenarkan Komandan Lanal Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Zul Pahmi SE. Mtr. Hanla MM. melalui rilis Posalnya, kepada wartawan mengatakan, musibah Laka Laut tenggelamnya Kapal KLM Putri Setia tersebut terjadi pada Sabtu 12 Juni 2020 sekira pukul 08.00 Wib.

“ Terjadinya laka laut yang diduga disebabkan kerusakan pada mesin kapal, sehingga kondisi mesin mati dan kapal tidak bisa dikendalikan, terlebih lagi dalam keadaan cuaca yang buruk, sehingga kapal tersebut tenggelam”. ujar Zul Pahmi, Sabtu (12/6/2020)

Seterusnya, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dabo Singkep mengatakan, dengan giat tanggapnya personil AL, dengan menggunakan Patkamla Kuala Gaung II-4-54, kesemua ABK kapal tersebut berhasil diselamatkan, dan dievakuasi ke-Posal Pulau Mas Kecamatan Kepulauan Posek Kabupaten Lingga.

“Alhamdulillah, Menindak Informasi yang diterima dan berkat hasil giat tanggap personil kita, dengan menggunakan Patkamla Kuala Gaung II-4-54, kelima orang Anak Buah Kapal (ABK) KLM Putri Setia dengan nomor GT.31 tersebut dapat di efakuasi dengan keadaan selamat dan dibawa ke-Posal Pulau Mas Kecamatan Kepulauan Posek Kabupaten Lingga”. Ujarnya lagi.

Lebih lanjut Komandan Lanal Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Zul Pahmi SE. Mtr. Hanla MM, juga menjelaskan, nama-nama dari kesemua ABK yang berhasil diselamatkan tersebut.

“Adapun masing-masing ABK yang kita selamat adalah Zamri (29) selaku Nakhoda, Wahyu Nugroho (31) selaku KKM, Rian (19), Rendi (22), dan Rama Candra (25) Selaku Kelasi, kegiatan penyelamatan selesai dilakukan sekira pukul 13.00 Wib”. Terangnya. **(ijal)
Editor: Gp2

Comments

comments

Check Also

Menuju Masyarakat Produktif Aman Covid-19, Koramil 02/TT Gencar Beri Imbauan

MERANTI – Tingkatkan kepatuhan masyarakat dalam menjalankan pola hidup baru sesuai prosedur protokol kesehatan, Kodim …

-->