Home / Sosial & Lingkungan / Koramil 02/TT Terus Lakukan Upaya Pencegahan Dini Terjadinya Karhutla

Koramil 02/TT Terus Lakukan Upaya Pencegahan Dini Terjadinya Karhutla

MERANTI – Guna mengatasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Komando Rayon Militer (Koramil) 02/TT Kodim 0303/Bengkalis, terus lakukan patroli pencegahan dini dengan menyusuri areal hutan semak belukar dan lahan perkebunan milik warga sekaligus melakukan sosialisasi larangan membakar lahan. (22/6/2020)

Dijelaskan Danramil 02/TT, Mayor Inf. Poltak Girsang, giat patroli seperti ini sangat perlu dilakukan, terutama yang daerahnya didominasi lahan gambut, salah satunya seperti di Desa Sokop Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Dengan melakukan patroli bersama ini kita dapat meminimalisir terjadinya Karhutla, dan disertai sosialisasi memberikan pemahaman kepada masyarakat sebagai salah satu langkah preventif”. Kata Mayor Inf. Poltak Girsang.

Danramil melanjutkan, pentingnya imbauan kepada masyarakat dilakukan mengingat sebagian besar cara membuka lahan didaerah pedesaan masih menggunakan cara tradisional.

“Dengan memberikan imbauan serta pemahaman kepada masyarakat, akan bahayanya Karhutla, diharapkan masyarakat tersebut dapat menjadi pelaku pencegahan terjadinya kebakaran, seperti dalam membuka lahan baru misalnya”. Tambah Danramil.

Patroli yang dilakukan anggota Koramil 02/TT bersama Satpol-PP dan MPA Desa Sokop tersebut, dititik beratkan pada lahan yang didominasi gambut tersebut berjalan lancar dan aman.

“Patroli yang kita laksanakan bersama Satpol-PP dan MPA hari ini berjalan dengan lancar dan aman, serta tanpa ada sebarang sumber dan gejala titik api yang ditemukan”. Kata Sertu Supryitno, usai melakukan patroli. **(Red)

Comments

comments

Check Also

Cik Mat Galang Dana Peduli Pak Dirin Penderita Tumor Ganas

PELALAWAN – Ikatan keluarga Kuala Panduk Pangkalan Kerinci (IKKP) lakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk membantu …

-->