Home / Sosial & Lingkungan / Terobosan Kadiskes, Hasilkan Rumah Singgah Persalinan Meranti Di Pekan Baru

Terobosan Kadiskes, Hasilkan Rumah Singgah Persalinan Meranti Di Pekan Baru

MERANTI ~ Dalam upaya memastikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat diberikan secara maksimal, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupaya meningkatkan sarana serta fasilitas pendukung kesehatan, yaitu dengan memiliki rumah tunggu kelahiran di Pekan Baru.

Rumah tunggu persalinan yang beralamat dijalan Diponegoro 5, itu tidak hanya dipungsikan sebagai rumah singgah bagi pasien dan keluarga pasien yang hanya dalam keperluan melahirkan, tetapi juga bisa digunakan untuk masyarakat meranti yang mengidap penyakit lainnya.

“Rumah singgah ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat meranti yang dengan penyakit lainnya, hal itu mengingat antrean terhadap pasien di RSUD cukup banyak dan cukup lama, sehingga masyarakat membutuhkan tempat tinggal sementara”. Ujar Bupati melalui Kepala Dinas Kesehatan, Dr. Misri Hasanto, M. Kes, Jum’at (8/5/2020).

 

Dijelaskan Dr. Misri, bahwa program tersebut merupakan hal yang sangat strategis, dimana dengan adanya rumah singgah ini nantinya akan mampu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, terutama menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi.

“Yang mana dengan adanya rumah singgah ini tidak ada alasan lagi bagi masyarakat yang terlantar atau terlambat dalam penanganan akibat yang berpunca dari tempat domisili sementara bagi pasien dan keluarga pasien”. Tambah Dr. Misri.

Pengadaan rumah singgah yang dananya bersumber dari Pemerintah Pusat, atau dana APBN itu mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat Riau asal Selatpanjang yang juga mantan Gubernur Riau, menurut Wan Abu Bakar, terobosan yang dilakukan Kadis Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti ini merupakan kebanggan tersendiri bagi warga Kepulauan Meranti.

“Saya menyambut baik dan alhamdulillah dengan terobosan yang dilakukan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti ini, yaitu Dr. H. Misri Hasanto, M.Kes. dan saya sangat berterima kasih serta mengapresiasi upaya beliau dalam mengadakan rumah singgah ini”. Kata Wan Abu Bakar.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti, dijelaskan Drs. H. Said Hasyim bahwa program ini sudah lama diharapkannya sebagai sarana pendukung pelayanan kesehatan warga Meranti di Pekan Baru

“Ini merupakan salah satu program inovasi dari Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti, saya selaku Wakil Bupati sudah lama merindukan program ini, dan Alhamdulillah terobosan ini merupakan hal yang baik untuk melayani masyarakat Meranti, khususnya yang akan dirujuk kekota Pekan Baru Provinsi Riau, tentu program ini juga patut diapresiasi dan didukung demi melayani masyarakat banyak”. Kata Said Hasyim.

Dijelaskannya lagi, sebelum ini pihaknya sempat melakukan peninjauan langsung kelokasi rumaj sibggah tersebut, bersama rombongan khusus yang telah ditunjuk dengan pimpinan Muhamad Rasyid. **(Bacok).

Editor: Gp2

Comments

comments

Check Also

Listyo Sigit Prabowo Sebagai Calon Tunggal Kapolri, Repdem: Itu Sudah Tepat

PEKAN BARU – Organisasi Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) menyakini penunjukan Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Listyo …

-->