Home / Sosial & Lingkungan / Pemerintah Desa Sialang Pasung Tingkatkan kewaspadaan penularan Covid-19

Pemerintah Desa Sialang Pasung Tingkatkan kewaspadaan penularan Covid-19

MERANTI – Dalam upaya mengantisipasi serta mendukung pemerintah pada penanganan pandemi global saat ini, Kepala Desa Sialang Pasung Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, melakukan berbagai upaya pencegahan penularan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Selain melakukan pembersihan lingkungan dan sterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfectan bersama masyarakat, pemerintah desa (Kades) Sialang Pasung saat ini sedang mempersiapkan pengadaan posko penanganan Covid-19 didesanya.

“Mengingat data rekapitulasi update harian (1).xlsx, Orang Dalam Pemantauan (ODP), dengan pemeriksaan Rapid test yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Provinsi Riau saat ini semakin meningkat, khususnya Kabupaten Meranti yang sudah mencapai angka 4.200 orang pertanggal 5 april, sangat perlu adanya perhatian serius dari semua pihak, terutama desa Sialang Pasung yang menjadi pintu keluar masuknya orang dari dan ke Kabupaten”. Kata Rudianto, Kamis (9/4/2020).

Disampaikan Kepala Desa lagi, pihaknya juga melakukan upaya pencegahan melalui imbauan-imbauan yang disampaikan secara langsung ataupun melalui perangkat dan staf desa, imbauan tertulis, serta melalui recorder video, yang disebarkan ke seluruh masyarakat.

“Saya berharap kepada masyarakat sialang pasung khususnya, sadar akan bahaya wabah yang menjadi horor ditengah masyarakat saat ini, dan bersama ikut dalam upaya pencegahannya, bahkan bertindak sebagai pemutus mata rantai penularan covid-19 itu”. Sebutnya.

Menurut Rudianto, hal itu dapat dilakukan dengan menerapkan prilaku hidup sehat, selalu menggunakan masker ketika berada atau melakukan kegiatan diluar rumah tanpa kecuali, dan menjaga jarak aman ketika berkomunikasi antar individu (sosial/physical distancing).

“Saya mengimbau masyarakat Desa Sialang Pasung untuk dapat ikut bersama dalam penanganan pencegahan wabah covid-19 ini, dan menjadi orang yang terlibat dalam pemutusan mata rantai penyebaran wabah tersebut, yaitu dengan tetap menjaga jarak komunikasi, menjaga kebersihan, selalu mencuci tangan dengan sabun serta menggunakan masker tanpa terkecuali ketika bepergian, dan tidak melakukan kegiatan yang bersipat mengumpulkan orang banyak”. Ujar Kepala Desa.

Diakhir ucapannya Kepala Desa mengharapkan, agar masyarakat tetap tenang dan waspada dalam menerima serta memberi informasi terkait covid-19 ini, sehingga tidak menimbulkan kepanikan ditengah masyarakat, yaitu dengan mengikuti arahan serta informasi resmi dari pemerintah, serta tidak menyampaikan hal-hal yang belum diketahui pasti akan kebenarannya.

“Dan yang terakhir saya harapkan kepada warga Sialang Pasung khususnya, bagi yang masih berada diluar daerah untuk menunda masa mudiknya sampai batas waktu yang ditentukan, begitu juga sebaliknya, selain itu bagi masyarakat diminta jangan sesekali menerima apalagi menyampaikan berita yang belum tentu kebenarannya alias hoax”. Harap Rudianto. **(Red).

Comments

comments

Check Also

Listyo Sigit Prabowo Sebagai Calon Tunggal Kapolri, Repdem: Itu Sudah Tepat

PEKAN BARU – Organisasi Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) menyakini penunjukan Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Listyo …

-->