Home / Sosial & Lingkungan / Langkah Bijak Kades Baran Melintang Dalam Situasi Pandemi Covid-19

Langkah Bijak Kades Baran Melintang Dalam Situasi Pandemi Covid-19

MERANTI – Selain melakukan upaya antisipasi dan pencegahan penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Kepala Desa Baran Melintang Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau, Penti Kurniawan S.Psi.MM mengatur beberapa langkah dan strategi dalam mengatasi dampak yang akan ditimbulkan dari pandemi itu.

Setelah melaksanakan sterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfectant disemua fasilitas umum serta kawasan pemukiman warga dan upaya-upaya lainnya, seperti pemberian masker gratis, sosialisasi kepada warga, baik itu melalui lisan dan surat edaran, serta imbauan-imbauan lainnya, kepala desa juga akan melakukan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Padat Karya Tunai (PKT).

“Ini merupakan peran tugas utama pemerintahan desa terhadap warganya, yaitu mengantisipasi warga dari terpaparnya Covid-19″. Kata Penti, Senin (20/4/2020).

Dikatakan Kades lagi, sebagai wujud bentuk kepedulian terhadap wabah non-alam ini, pihaknya juga memikirkan dampak yang ditimbulkan, yaitu terutama berdampak pada masalah ekonomi, dan hal ini akan diatasinya dengan menjalankan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Padat Karya Tunai (PKT).

“Kita berharap dengan Program BLT dan PKT yang merupakan intruksi langsung dari Presiden, dapat membantu keluarga kurang mampu untuk mengatasi dampak perekonomian yang disebabkan pandemi Covid-19 ini”. Tambah Kades.

Diakuinya lagi, terkait mekanisme serta pelaksanaan program ini masih dalam pendataan, Baik itu Program BLT yang sedang dilakukan pemetaan kriteria keluarga penerima manfaat, maupun program PKT yang masih dalam pemetaan kelompok pekerja.

“Tentang BLT kita saat ini masih dalam pendataan kriteria penerima manfaat, dan program PKT yang mekanisme pelaksanaannya adalah dengan mengajak kelompok masyarakat bekerja dalam pembangunan yang menggunakan Dana Desa (DDs), serta membayar langsung upah kerja setiap hari kerja, juga kita lakukan pendataan guna menghindari kesenjangan sosial diantara mereka”. Jelas Penti. **(Red)

Comments

comments

Check Also

Di Undang Sebagai Narsum, Dr. Misri Jelaskan 2 Teori Perekonomian

MERANTI – Guna mengatasi permasalahan lumpuhnya ekonomi masyarakat akibat adanya pandemi Covid-19, tanpa terkecuali di …

-->