Home / Hot News / Hari Ke 2, Tim Gabungan Cegah Covid-19 Masih Terus Berjuang
Dari kanan, Sumix Store, Bripka Azwar, Asanto, Camat Bangko Rijalul Fikri, Awi Oliong, saat pres rilis- (Foto by: Mmd)

Hari Ke 2, Tim Gabungan Cegah Covid-19 Masih Terus Berjuang

ROKANHILIR – Dihari ke 2 (Dua), Tim relawan peduli pencegahan wabah Pandemi virus corona covid-19 masih terus berjibaku di lapangan. Kali ini 80 persen jalan dan rumah warga di Desa Bagan Jawa Pesisir, Kecamatan Bangko, Rokan Hilir, sudah di semprot disinfektan.

Tim relawan pencegahan virus Covid-19 terdiri dari berbagai kalangan masyarakat dan pengusaha serta rumah-rumah ibadah yang ada di Ibukota Bagan Siapi-api.

Untuk diketahui, kegiatan bhakti sosial disinfektan kerumah-rumah warga se Kecamatan Bangko di Komandoi Awi Oliong, Camat Bangko Rijalul Fikri, dan Sumix Store, serta dikawal Bripka Azwar (Bhabinkamtibmas Polsek Bnagko, Polres Rohil) dan anggota Kodim 0321 Rohil.

 

Kegiatan Bhakti Sosial pencegahan covid-19 juga didukung oleh beberapa Pekong diantaranya ialah Pekong Sayur Pagoda (Vihara Kirti), Pekong Mabuk (Ce Kong Tuah), Pekong Panglima Sakti (Kwante Tuah), Pekong Hian Sing Tuah dan Pekong Hotong King.

Serta di dukung oleh Roti Asia Joni, Singli Leman, Abeng (Titi), Toko Hidup Jaya, Toko Setia, Ko Wie (Galangan kapal), KM Sabar Mulia, KM Surya Kencana, Sahabat Pengusaha Tionghoa Bagan Siapiapi dan Dumai, serta Toko Aneka Guna.

“Sampai saat ini kita terus bekerja sama dengan jajaran Camat Bangko. Sampai hari kedua ini, tim masih terus berjibaku di lapangan. Dan para donatur terus dalam kepeduliannya,” ujar Husni (Awi Oliong), kepada awak media ini, didampingi Sumix Store, Kamis (2/4/20), di Kelenteng Pagoda.

 

Dijelaskan Awi Oliong sapaan akrabnya, sampai hari kedua ini rekan-rekan dari berbagai kalangan sahabat dan pengusaha-pengusaha terus berdatangan untuk bersama menjalankan kegiatan kemanusiaan tanpa pandang suku, agama dan ras.

“Posko kita di Kelenteng Pagoda. Sampai saat ini kegiatan penyemprotan disinfektan masih terus berjalan. Posko kita terbuka untuk siapa saja,” himbau Awi Oliong.

Sementara ditempat berbeda, Camat Bangko yang didampingi Sumix Store dan Bripka Azwar mengatakan, sampai saat ini tim pencegahan covid-19 terus berjalan menyisiri ruas jalan rumah warga di seputaran Kecamatan Bangko.

Seperti di Bagan Jawa Pesisir sudah 80 persen disemprot Disinfektan, dan 20 persen belum tersentuh disinfektan karena tidak bisa masuknya kendaraan roda empat yang membawa perlengkapan disinfektan.

“Yang belum terdisinfektan akan dikoordinasikan dengan para Kepala Desa agar disemprot secara manual,” kata Rijal, sapaan akrab Camat Bangko.

Untuk hari ini, tepat Kamis (2/4) selain Desa Bagan Jawa Pesisir lanjut Rijal, tim terus bergerak walau terik matahari cukup menyengat. Rute panjang terus dijalani guna pencegahan wabah pandemi yang menjadi momok saat ini.

“Pasar Datuk Rubiah, Taman Kota, Pasar Pelita, Pujasera Jalan Tecong, Sepanjang Jalan Bintang, Jalan Bulan, Pelabuhan Oliong, Jalan Pelabuhan Baru Ujung, Kantor Airud, dan Pasar Bagan Jawa (Pasar Bintang),” paparnya.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Atau lebih baik menyerang dan mematahkan mata rantai virus corona dari pada kita diserang tanpa perlawanan. Itulah Moto yang diusung tim pencagan covid-19 di wilayah Ibukta Kabupaten Rohil (Bagan Sipiapi).

“Tetap patuhi arahan dan petunjuk yang dikeluarkan Pemerintah Pusat mau pun Pemerintah Daerah. Sayangi keluarga kita demi memutus mata rantai penyebaran virus covid-19,” tutup Rijal.

Bagi warga Kecamatan Bangko dan sekitarnya yang ingin bersama menjalankan kegiatan bhakti sosial mencegah perluasan pandemi covid-19, bisa langsung menuju Pekong Sayur Pagoda, Jalan Pahlawan, Bagan Siapiapi. “Bersama kita bisa”.

Hingga sampai saat ini, cairan campuran untuk disinfektan di posko Pekong Sayur Pagoda masih memadai. Dan 3 unit mobil pick-up dikerahkan salah satunya bantuan dari Polres Rohil dan 1 unit becak mesin Viar.**

 

Laporan by: Mmd
Editor by: Gp3

Comments

comments

Check Also

Lamban Penindakan, Jikalahari Laporkan PT. Arara Abadi Ke Bareskrim Polri

JAKARTA – Non Governmental Organization (NGO) Jikalahari bersama Aliansi Mahasiswa Pelalawan Jakarta (AMPJ) Riau melaporkan …

-->