Home / Sosial & Lingkungan / Permudah Pelayanan, Bapeda Lingga Gelar Sosialisasi PBB Dan BPHTB Di Stand MTQ.
Sosialisasi kali ini digelar distand MTQ ke VIII. Photo: Ijal.

Permudah Pelayanan, Bapeda Lingga Gelar Sosialisasi PBB Dan BPHTB Di Stand MTQ.

LINGGA – Dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan menggali potensi Pajak, khususnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lingga terus melakukan sosialisasi, Rabu (4/3/20).

Selain melalui Olah Raga Bola Voli, Sosialisasi PBB dan BPHTB, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lingga juga melaksanakan sosialisasi pelayanan pendataan Wajib Pajak (WP) baru dan pemutahiran data PBB dan BPHTB diarena stand MTQ pada Kegiatan Penghelatan  MTQ Ke VIII Kecamatan Senayang yang diadakan dikantor Camat Senayang.

Upaya ini dilakukan dengan tujuan agar subjek pajak dan aparatur Pemerintahan, baik aparat Kecamatan maupun aparat Desa memahami tata cara pendaftaran, pembayaran, serta penagihan pajak-pajak tersebut.

 

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lingga, Drs. Muzamil Ismail. M.si, melalui Kabid Pelayanan PBB dan BPHTB, Munzilin Hasibuan mengatakan, pihaknya telah melakukan pendaftaran Wajib Pajak (WP) baru, Pemutahiran Data PBB dan BPHTB dan juga konsultasi terkait perhitungan PBB dan BPHTB.

“Saat ini kita telah melakukan pendaftaran Wajib Pajak (WP) baru, Pemutahiran Data PBB dan BPHTB dan juga konsultasi terkait perhitungan PBB dan BPHTB sekabupaten Lingga”, Ujar Munzilin.

Lebih lanjut, Kabid yang akrab dipanggil Moro ini menjelaskan, Pajak Daerah merupakan salah satu sumber penerimaan Daerah untuk dipergunakan atau dikembalikan ke masyarakat, yaitu dalam bentuk Pembangunan sarana/fasilitas umum seperti jalan-jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit/puskesmas, dan lain-lain.

“Uang pajak tersebut digunakan untuk pembiayaan dalam rangka memberikan rasa aman bagi seluruh lapisan masyarakat, untuk memacu perkembangan Pembangunan di Kabupaten Lingga masa mendatang, diperlukan peningkatan sumber-sumber penerimaan daerah yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) yaitu salah satunya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan”, tambah Moro lagi.

Menurutnya lagi, dengan diadakannya pelayanan distand ini, masyarakat akan lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan yang berkaitan dengan pajak.

“Moro berharap, dengan dibukanya Stand Pelayanan ini dapat mempermudah melaksanakan pendataan Pajak PBB dan BPHTB untuk masyarakat senayang dan sekitarnya”, pungkasnya.

Penulis: Ijal.
Editor: Gp2.

Comments

comments

Check Also

Aktivitas PT SAR Di Nilai Membunuh Nelayan Secara Perlahan

LINGGA – Atas nama masyarakat Kepulauan Posek Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga, tokoh masyarakat, tokoh …

-->