Home / Sosial & Lingkungan / Masker Dari Kain, Inovasi Warga Binaan Lapas Selatpanjang

Masker Dari Kain, Inovasi Warga Binaan Lapas Selatpanjang

MERANTI – Tidak mau ketinggalan berpartisipasi dalam upaya pencegahan wabah Corona Virus Disease (Covid-19), Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Selatpanjang ikut membantu dalam masalah kelangkaan masker, yaitu dengan membuatnya dari bahan kain.

Sebagaimana dijelaskan Kalapas Selatpanjang, Atmawijaya yang dihubungi awak media ini melalui telephon whats appnya mengatakan, hal ini mengingat kelangkaan masker yang terjadi diselatpanjang.

“Benar adanya warga binaan dari lapas kami membuat masker, itu dikarenakan kelangkaan masker disetiap apotik-apotik yang ada didaerah ini”. Ujarnya Rabu (25/3/2020).

Dikatakan Kalapas lagi, pembuatan masker tersebut murni berasal dari gagasan dan ide-ide warga binaan, yang dibawah pembinaan pegawai Lapas.

“Masker tersebut merupakan inovasi warga binaan dibawah bimbingan pegawai kami, yang sebelumnya mereka juga telah banyak membuat beberapa kerajinan, kali ini mereka tak mau ketinggalan berkreasi dalam membantu masyarakat dengan kemampuan yang mereka miliki”. Tambah Atmawijaya lagi.

Kelangkaan masker diselatpanjang saat ini juga diakui Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, menurut Dr H. Misri Hasanto saat ini persediaan masker disetiap apotik sudah habis, begitu juga dengan stok cadangannya.

“Saat ini memang masker lagi kosong stoknya di Meranti, saya tadi juga melakukan sirahturahmi ke Lapas Selatpanjang, melihat langsung Warga Binaan Lapas selatpanjang lagi bikin masker yang terbuat dari bahan kain, ini sangat membantu kelangkaan masker saat ini”. Ujar Kadis Kesehatan itu.

Lebih jauh Misri Hasanto menjelaskan, selain kebutuhan masker, kebersihan diri dan lingkungan juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam menangkal virus covid-19, karena dengan senantiasa menjaga kebersihan dapat menghambat penularannya.

“Bukan di Meranti saja yang kehabisan stok masker, didaerah lain pun mengalami hal yang sama. Selain itu mari lah kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan diri kita masing-masing, yaitu cuci lah tangan pakai sabun sebersih-bersihnya, agar virus tersebut tidak menular ke mana mana”. Kata Misri mengakhiri.

Laporan by: Saidi Akbar
Editor: Gp2.

Comments

comments

Check Also

Kabar Gembira Untuk Pelanggan PLN Yang Terdaftar Dalam BDT

MERANTI – Dalam upaya membantu masyarakat untuk menghadapi masa sulit akibat pandemi virus corona, pemerintah …

-->