Home / Sosial & Lingkungan / Ciptakan Pillkada Aman, Kapolres Lingga Dan Bawaslu Lingga Tingkatkan Kemitraan

Ciptakan Pillkada Aman, Kapolres Lingga Dan Bawaslu Lingga Tingkatkan Kemitraan

LINGGA – Dalam rangka menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Lingga melakukan koordinasi dan meningkatkan kemitraan dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lingga Provinsi Kepri, Jumat (06/03/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di Mako Polres lingga ini dihadiri oleh Kapolres Lingga AKBP Boy Herlambang, S.I.K., M.Si, Kasat Intel AKP Prekdi pakpahan, Kasubbag Humas AKP Hasbi Lubis, Ketua Bawaslu Kabupaten Lingga Zamroni, Kadiv SDM Bawaslu Kabupaten Lingga Fidya, serta Staf Bawaslu berjumlah 3 orang.

Ketua Bawaslu Lingga Zamroni mengatakan, dikarekan tahapan Pilkada sudah berjalan, maka pihaknya ingin membangun koordinasi dengan Polres Lingga, dalam rangka bersama-sama mengawal penyelenggaraan Pilkada Lingga tahun 2020 sehingga pelaksanaannya berjalan aman dan kondusif.

 

“Kami juga instruksikan kepada jajaran Panwascam agar selalu berkoordinasi dengan pihak polsek setempat agar pengawasan di lapangan bisa dijalankan secara maksimal”, kata Zamroni.

Lebih lanjit dia juga menjelaskan, dalam pertemuan bersama Kapolres Lingga tersebut, yang menjadi pembahasan utama adalah terkait persiapan pembentukan Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk Pilkada nanti. menurutnya Gakkumdu ini nantinya terdiri dari tiga lembaga, yakni kepolisian, bawaslu serta kejaksaan yang dapat menangani kasus pidana pemilihan dalam Pilkada 2020.

“Kami berharap pelanggaran-pelanggaran selama Pilkada di Kabupaten Lingga ini bisa dicegah khususnya pelanggaran pidana pemilihan. Karena salah satu fungsi Bawaslu adalah melakukan sisi pencegahan sebelum mengarah ke penindakan,” sebutnya lagi.

Hal itu mendapat sambutan baik dari Kapolres Lingga, menurut AKBP Boy Herlambang S.I.K,M.Si, pihaknya berharap Bawaslu Kabupaten Lingga terus melakukan koordinasi, mulai dari bentuk potensi gangguan selama tahapan Pilkada hingga keproses pendistribusian logistik ke daerah-daerah.

“Diharapkan Bawaslu Kabupaten Lingga terus melakukan koordinasi dengan Pihak Polres dan Intelkam terkait apapun berkaitan dengan Pilkada tahun 2020, Antisipasi terhadap Potensi gangguan selama tahapan Pilkada dan Pendistribusian logistik ke daerah, dan saya beserta Seluruh Personil Polres Lingga siap mengamankan proses Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Lingga”, tutup Kapolres.

Penulis: Ijal
Editor: Gp2

Comments

comments

Check Also

Berhasil Menekan Terjadinya Karlahut, Pemkab Meranti Dapat Penghargaan

JAKARTA – Dinilai berhasil dalam mengurangi resiko bencana Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), Bupati Kepulauan …

-->