Home / Nasional / Saiful: MPA Cegah Karhutla & Bentuk Posko Berantas Narkoba

Saiful: MPA Cegah Karhutla & Bentuk Posko Berantas Narkoba

MERANTI – Mengantisipasi terjadi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah), Pemerintah Kecamatan Rangsang Barat menggelar sosialisasi penanganan awal bencana secara langsung kepada Masyarakat Peduli Api (MPA), Selasa (24/12/19).

Agenda sosialisasi itu telah menjadi agenda rutin tahunan beberapa wilayah di Provinsi Riau, salah satunya berada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna, Kantor Camat Rangsang Barat ini, dimoderatori oleh Nurman, selaku Sekretaris Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kepulauan Meranti.

Dan di ikuti oleh Kapolsek Rangsang Barat, J.A. Lubis SH. MH, Banbinsa Rangsang Barat Sembiring, Camat Rangsang Barat Saiful Ikram dan seluruh perangkat desa serta Masyarakat Peduli Api (MPA) se-Kecamatan Rangsang Barat.

Menurut Camat, Sosialisasi penanggulangan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan kepada sekitar 200 peserta ini adalah sosialisasi yang kedua kalinya dalam akhir tahun, sebelumnya telah dilakukan sosialisasi tentang bahaya Narkoba.

Lalu dilanjut penyebarluasan Informasi Tentang Pencegahan serta Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba kepada seluruh siswa-siswi SLTP dan SLTA se-Kecamatan Rangsang Barat, pada tanggal 22 Desember 2019 silam.

“Kita berharap dengan dilakukan dua macam sosialisasi ini, Kecamatan Rangsang Barat kedepan akan terbebas dari dua hal, yaitu bebas asap, dan bersih narkoba,” ujar Saiful Ikram.

Lanjutnya, ada pun dasar di lakukannya sosialisasi itu adalah meneruskan amanat UU No 35 tahun 2019 tentang Narkotika, dan UU no 32 tahun 2009 tentang pembakaran lahan dan hutan,” papar Saiful, sapaan akrabnya.

Lebih jauh orang nomor satu di Rangsang Barat juga mengatakan, Narkoba adalah musuh terbesar bangsa, untuk itu dia berharap dengan adanya upaya ini setidaknya bisa mempersempit ruang gerak pelaku sehingga dapat meminimalisir peredarannya.

Adapun upaya yang lakukan dalam sosialisasi tersebut, sambungnya, yang pertama adalah memberitahukan kepada masyarakat bagai mana dampak dari bahaya barang haram tersebut.

Dan diharapkan, akan memberi tahukan kepada orang-orang disekitar meraka, kemudian juga membuat posko pegaduan sekaligus dengan membentuk satgas di tingkat desa dan sekolah-sekolah.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Camat lagi tentang penanggulangan Karhutlah, selain memberi arahan kepada peserta, Camat juga mengarahkan kesetiap Desa-desa untuk segera membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA), dan menyiapkan peralatan pemadam api dengan anggaran yang sudah disediakan.

“Sosialisasi yang kita laksanakan hari juga tidak jauh beda dengan sosialisasi sebelumnya, kita mengajak semua generasi muda untuk mengantisipasi bahaya asap yang sudah menjadi agenda rutin tahunan daerah kita,” tegasnya.

Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh desa untuk segera membentuk MPA, dan menyediakan alat-alat lengkap pemadam api, karena anggarannya sudah diperuntukkan,” tandas Saiful Ikram.**

 

Laporan by: Noeradi
Editor by: Mmd

Comments

comments

Check Also

KPU Pelalawan Aminkan Isu Lingkungan di Debat Paslon 

PELALAWAN – Konsep Pembangunan Berkelanjutan yang dibawa oleh NGO (Non Government Organication) Penabulu dari Jakarta, …

-->