Home / Nasional / Cara Efektif Peningkatan BPD Sebagai Mitra Pemerintah

Cara Efektif Peningkatan BPD Sebagai Mitra Pemerintah

LINGGA – Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pelatihan peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Deasa (BPD), dilaksanakan di Kantor Desa Pantai Harapan.

Acara itu menghadirkan narasumber dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sutarman dan di fasilitasi oleh Multazam, selaku pendamping Desa Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga.

Pada pelatihan tersebut, kepala Desa pantai harapan, Zamir mengatakan, bahwa pelatihan peningkatan kapasitas BPD ini bertujuan untuk memantapkan pelaksanaan tugas-tugas BPD sebagai mitra menyelenggarakan roda pemerintahan.

Selain itu, BPD memiliki peran strategis bagi jalannya pemerintahan desa. Sehingga, dapat meningkatkan kapasitas dan fungsi BPD sebagai pengawasan penyelenggaraan pemerintahan pada tingkat desa.

Ditambahkannya, bahwa BPD adalah mitra pemerintah desa yang harus bisa bersinergi dengan Kepala Desa dan jajarannya. Oleh karena itu, untuk dapat bersinergi dibutuhkan peningkatan kapasitas sebagai lembaga masyarakat yang ada di desa.

“BPD merupakan salah satu wadah atau tempat menyalurkan aspirasi bagi warga desa. Jika ada aspirasi warga, BPD harus segera menindaklanjuti demi menyelesaikan persoalan masyarakat  yang ada di desa,” jelas nya.**

 

Laporan by: Pendi
Editor by: Mmd

Comments

comments

Check Also

Tovapestore Tembilahan: Pakai Masker Dapat Potongan Harga

INHIL – Sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran dan penularan …

-->