Home / Sosial & Lingkungan / Meriah, Festival Mariam Buluh Di Resmikan Camat

Meriah, Festival Mariam Buluh Di Resmikan Camat

ROKANHILIR – Camat Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir, Roby Kurniawan, Resmi membuka Festival Meriam Buluh yang pertama kali di adakan di Rohil, yang di ikuti oleh Pemuda, dan Anak-anak.

Selama ini, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, sangat terkenal dengan sejarahnya salah satunya Mariam Tua dan Kuburan Peninggalan Belanda serta Tugu Proklamasi.

Mariam Buluh (Bambu), merupakan salah satu permainan tradisional yang terbuat dari batang bambu, kalau Bahasa Melayunya Mariam Buluh.

Dimana, bambu tersebut di bentuk seperti mariam yang menghasilkan permainan mengasikan. Mariam Buluh tidak saja disukai anak-anak dan remaja, namun juga orang dewasa.

Menurut Camat Tanah Putih Tanjung Melawan, Roby Kurniawan, S.TP M.Si, Mariam bambu merupakan permainan tradisional masyarakat Melayu.

“Meriam buluh biasanya dimainkan selama Ramadan dan selalu ada setiap tahun. Kita secara resmi menjadikan permainan mariam bambu sebagai festival,” paparnya.

Dilanjutnya, dirinya sangat mendukung dan Berterimakasih Kepada Pemuda Batu Hampar, karena sudah meleksanakan acara Ini guna melestarikan kembali permainan budaya yang dihelatKan pada Malam 27 Ramadan sempena memeriahkan Idul Fitri.

Di akui Camat, tahun ini merupakan Acara Perdana festival Mariam Buluh yang berlangsung di Kepenghuluan Batu Hampar Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan. Antusias masyarakat terhadap permainan tersebut begitu antusias sehingga acara ini menjadi meriah.

“Secara pribadi saya mengapresiasi semua peserta dan masyarakat yang menyaksikan Festival Mariam ini. Kita berharap semoga tahun depan bisa bisa lebih meriah lagi,” tuturnya.

Ketua Panitia Acara, Muhammad Sarbaini yang akrab di sapa Rahmat Pantun, menyampaikan, suksesnya acara Festival Mariam Buluh Ini berkat dukungan seluruh pemuda Kepenghuluan Batu Hampar, Serta Datuk Penghulu Pakhri Munir.

“Saya mengucap kan Terimakasih Banyak, dan di samping itu juga Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh donatur Seponsor acara ini,” ujarnya.

Adapun para donatur ialah, Bunda Intsiawati Ayus, S.H., M.H, Anggota DPD RI, Bapak Alfa Usaman Dari Bengkalis dan PT. DGS, Kecamatan Tan Putih Tanjung Melawan.

Semoga tahunan depan lebih meriah lagi, kalau panjang umur murah reseki dan ada generasi yang meneruskannya. Terimakasih banyak atas kehadiran Camat sekaligus meresmikan acara Meriam Buluh, sekaligus menjadi Juri di acara Lomba Meriam Buluh.(rmt)

Comments

comments

Check Also

Said Hasyim: Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pembukaan Isolasi Daerah

MERANTI – Sehubungan Kabupaten Kepulauan Meranti terdiri dari pulau-pulau, maka pengentasan tingkat kemiskinan masyarakat melalui …

-->