Home / Berita Riau / Warna Air Berbau, Dugaan Limbah Cemari Anak Sungai Lubuk Dalam
Median anak sungai di Lubuk Dalam diduga tercemari air limbah sebuah PKS setempat - (poto by : istimewa)

Warna Air Berbau, Dugaan Limbah Cemari Anak Sungai Lubuk Dalam

SIAKWarga di Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak, kini diresahkan dugaan adanya aliran limbah yang sepertinya sengaja dibuang kemedian salah satu anak Sungai Puing, di Kecamatan Lubuk Dalam. Limbah ini jika dilihat dari bekasnya, seperti sudah lama terjadi.

“Tidak hanya sungai, limbah ini juga telah mencemari tanah milik masyarakat. Jika di musim kemarau, limbah ini berbau sangat busuk dan jika di musim hujan, limbah ini tergenang kemana-mana,”ujar salah seorang warga, seperti dilansir porosriau.com.

Berita Terkait : Ada Apa DLH & PT BSS???.. Suwandi: Sudah 3 Kali Verifikasi Dengan PT BSS Terkait Dugaan Limbahnya

Ikan yang mati disungai lubuk dalam

Warga juga menyebutkan, dugaan limbah tersebut berasal dari salah satu PKS, yang selama ini sudah beroperasi lama di Kecamatan tersebut. Semua warga disini tahu, apa nama perusahaan yang dimaksud ini.

“Kita minta, Pemkab Siak, Dinas terkait dan aparatur daerah menyikapi keberadaan limbah ini. Sebab jika dibiarkan, limbah ini tidak hanya mencemari air permukaan namun juga bisa mencemari air dibawah tanah,” paparnya sembari menghela napas panjang.

Berita Terkait : Selain Bau Busuk Limbah, Warga Juga Diresahkan Bisingnya Mesin PKS BSS

Temuan di lapangan, dampaknya sudah terasa, saat ikan dan aneka biota sungai banyak yang mati. Sebagian warga disini bingung dan tidak tau mengadu kemana lagi, karena warga masih menggantungkan hidupnya dari nelayan.

“Jika ikan yang sehari-hari mereka tangkap juga mati, kami mau nangkap apa, dan kami akan makan apa,” eluhnya.**(rls)

Comments

comments

Check Also

Lamanya Jeritan Buruh di Lingga Pengusaha PHK Sepihak, Akhirnya Pemkab Bersuara

LINGGA – Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (F-SPSI) sangat menyesalkan kepada Pemkab Lingga terkhususnya Dinas …

-->