Home / Nasional / Tuntutan Profesionalisme Guru di Era Industri Informasi Abad XXI
Tampak khusuk Kepala Sekolah MAN 1 Rohil saat melaksanakan upacara sempena Hari Guru ke 73 - (poto by : boes)

Tuntutan Profesionalisme Guru di Era Industri Informasi Abad XXI

ROKANHILIRHari guru yang jatuh pada Ahad, 25 Nopember 2018, berhubung bertepatan dengan libur, maka pada Senin (26/11/18) MAN 1 Rokan Hilir (Rohil), melaksanakan upacara peringatan hari guru yang ke 73, dan di ikuti para guru, karyawan, dan para siswa siswi MAN.

Upacara bendera hari ini berbeda dengan hari biasa, selain pembina upacara yang langsung dipimpin Kepala MAN, Rahwati, juga untuk petugas upacara semua dihandel para guru MAN, mulai dari Inspektur upacara yang dipimpin Rian, sampai pada petugas Do’a oleh Ustaz Mustakim.

Berita Terkait : Upacara Senin MAN 1 Rohil Masih Diwarnai Suara Kaset Burung Walet

Dalam sambutannya kepala MAN menyampaikan, ucapan terima kasih kepada para guru yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya mendidik anak-anak, tanpa kenal waktu. Ditengah kondisi dan kebutuhan keluarga, Bapak dan Ibu guru masih tetap melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggung jawab. Untuk itu, saya selaku Pimpinan di MAN ini mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya semoga semua itu menjadi amal ibadah bagi kita semua.

Selanjutnya dalam sambutan tertulis Mentri pendidikan Nasional yang dibacakan langsung oleh pembina upacara bahwa dalam kondisi sekarang dibutuhkan guru yang profesional, terutama menghadapi tantangan pendidikan di abad XXI yang semakin berat, peningkatan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi setiap peserta didik. Oleh sebab itu, profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian.

Berita Terkait : MAN 1 Rohil Gelar Perlombaan Sempena Bulan Bahasa & Sastra Serta Menyambut Hari Sumpah Pemuda

Lanjutnya, guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Tugas guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai nilai dasar, pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupannya, termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak serta diharapkan guru harus mampu sebagai inspirator bagi anak didiknya.

Kegiatan upacara yang berlangsung khitmat sampai pada jam 08.30, dilanjutkan kegiatan sukuran hari guru dalam bentuk Pemotongan kue ulang tahun yang disiapkan OSIS MAN dibawah bimbingan Waka Kesiswaan Ibuk Nurmiati SPd, sekaligus pelepasan Balon Udara bersama dengan seluruh peserta.

Selanjutnya, kegiatan hari guru di isi dengan pemberian hadiah kepada siswa yang berprestasi dalam bidang, K3, penulisan cerpen, penulisan surat kepada guru dan puisi untuk guru dalam bulan bahasa, serta pembuatan Mading siswa, yang berakhir sampai pukul 10.00 Wib, dan sebelum do’a, dengan bernyanyi bersama trima kasih guru yang dipimpin Afifuddin.

Kegiatan selanjutnya masing-masing siswa melaksanakan sukuran di ruang kelas bersama para bapak ibu guru wali kelas, sampai pukul 12.00 Wib.**(boes)

Comments

comments

Check Also

TNI AL Dabo Singkep Laksanakan Dialog Cinta Tanah Air & Bela Negara 2021

LINGGA – Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga …

-->