Home / Berita Riau / Berdiri Dikawasan Hutan Konversi, Camat Juga Sebut PT SMA & PT Asam Jawa Masih Abu-Abu Legalitas
Camat Simp. Kanan, Azhar Spd saat dilantik oleh Wabup Erianda, empat tahun yang silam - (poto by : istimewa)

Berdiri Dikawasan Hutan Konversi, Camat Juga Sebut PT SMA & PT Asam Jawa Masih Abu-Abu Legalitas

ROKANHILIRSesuai dengan peta kawasan hutan, wilayah Kecamatan Simpang Kanan, di Kepenghuluan Bukit Selamat dan sekitarnya masih termasuk dalam kawasan hutan (jalur hijau,red) hingga saat ini. Namun praktik nyata dilapangan masih banyak ditemui cukong-cukong perambah hutan dan mengalih fungsikan hutan tanpa sesuai perizinan yang berlaku.

Sebut saja PT. SMA dan PT. Asam Jawa, perusahaan perkebunan yang beroperasi wilayah Simpang Kanan, terindikasi tidak memiliki izin prinsif dari Pemerintahan Kabupaten Rohil.

Berita Terkait : Soal HGU, LSM RCW Angkat Bicara & Paparkan Sanksinya

Saat dikonfirmasi, Senin (23/10/18) via selulernya, Camat Simpang Kanan, Azhar Spd membenarkan adanya beberapa perusahaan perkebunan yang cukup luas lahan arealnya. Namun terkait legalitas yang sah, dirinya belum mengetahui secara pasti dan kurang jelas.

“Yang jelas, dua perusahaan perkebunan itu membayar pajak ke Rohil,” ujarnya.

Terkait kawasan hutan hijau yang berada di Simpang Kanan memang banyak digarap oleh oknum-oknum perambah lahan, Camat menjelaskan, lahan yang digarap PT. SMA ialah hutan konversi yang dipergunakan untuk peruntukan lain,” paparnya.

Disini dapat disimpulkan, hutan perkebunan sawit tanpa surat atau legalitas yang jelas, bagai mana cara pembayaran pajak atau restribusi kepemerintahan. Padahal UU No 41, Tahun 1999 Tentang Kehutanan, sudah jelas tertuang tata cara dan petunjuknya.(gp3)

Comments

comments

Check Also

Menjelang Kedatangan Peresiden RI Forkorpimda Rohil Hadiri Rapat

ROKANHILIR – Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Didik Efendi, S.I.P bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah …

-->