Home / Berita Riau / HUT RI Ke-73, MAN 1 Rohil Sabet 2 Gelar Sekaligus, Tingkat Kebersihan & TTG
Kepsek MAN 1 Rohil, Rahmawati SPd (kanan) saat poto bersama Guru sembari menunjukan Piala dan Piagam juara 1 tingkat kebersihan - (poto by : boes)

HUT RI Ke-73, MAN 1 Rohil Sabet 2 Gelar Sekaligus, Tingkat Kebersihan & TTG

ROKANHILIRMadrasah Alwasliah Negri Satu (MAN 1) Rokan Hilir, kembali meraih Juara 1 pada kegiatan Lomba Kebersihan dan Keindahan Lingkungan kantor dan Instansi Vertikal dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-73 oleh Pemerintah Daerah Rokan Hilir pada Jum’at (17/8/2018) malam, dalam kategori sekolah se-Kabupaten Rokan Hilir.

Tropi dan Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Bupati Rohil H. Suyatno AMp, sekaligus acara Sukuran Kemerdekaan RI di gedung serba guna bagansiapiapi, beberapa hari yang lalu.

“Ini merupakan kebanggaan bagi warga MAN 1 Rokan Hilir, sebuah pengakuan dari lembaga Pemerintah, tetapi sekaligus juga menjadi tanggung jawab kita untuk dapat melanjutkan dan mempertahankan apa yang telah kita peroleh,” demikian kata Kepala sekolah MAN 1 Rohil, Rahmawatii MPd, pada penjelasannya saat upacara bendera, Senin (20/8/18) pagi.

Selanjutnya, Rahmawati menyampaikan bulan ini kita juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai sekolah adiwiyata tingkat kabupaten, sebuah program nasional yang berhubungan dengan kebersihan dan cinta lingkungan dari kementrian lingkungan hidup. “Semua yang kita peroleh ini tentu saja kerena kekompakan, baik guru, anak didik, pengawai kebersihan, secara bahu membahu untuk mewujudkan MAN yang bersih,” ujarnya.

Baca Juga : Plt Bupati Jamiludin Kagumi MAN 1 Rohil Saat Perpisahan Siswa

Melihat hal itu semua, sudah saatnya kita jadikan sebagai budaya dan karakter kehidupan sehari-hari dilingkungan sekolah dan keluarga. Kita harus malu membuang sampah sembarang, kita harus malu sekolah jorok, apalagi sebagai sekolah madrasah, kita mesti terdepan mengkampanyekan hidup bersih, karena ajaran agama kita juga mengharuskan bahwa kersihan itu sebagian dari pada iman,” urai Rahmawati.

Tidak saja dalam bidang kebersihan, sambungnya lagi, MAN 1 Rohil juga mampu membuktikan bahwa kita tidak hanya belajar Agama, tetapi juga pengatahuan lain, dalam bentuk extra kurikuler (Eskul), dan terbukti pada acara Kemah Bakti Tahun ini (2018,red) dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke-57, Gudep 02-105/02-106, MAN 1 Rokan Hilir, mampu menjadi juara terbaik dalam kategori ‘Teknologi Tepat Guna (TTG)‘ yang dilaksanakan oleh Kwarcab Pramuka Rohil, pada 14 Agustus 2018 lalu, di Bumi Perkemahan Tanah Merah, Kecamatan Rimba Melintang, dengan karya, ‘Thema “Alat mengukur tingkat kesuburan tanah dengan teknologi Listrik sederhana‘.

“Ini membuktikan kita tidak hanya pandai ceramah tetapi kita juga mampu memahami dan menerapkan teknologi, kegiatan ini sangat positif, selaku kepala madrasah saya sangat mendukung dan saya juga mencanangkan kedepannya serta mendorong kegiatan Eskul dalam bidang pengembangan teknologi, sehingga mampu menghasilkan karya-karya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Untuk itu, kita perlukan sarana laboratorium yang refresentatif, yang dapat digunakan oleh anak-anak didik, Isnya Allah kita siapkan labor yang berhubungan dengan skil dan keahlian siswa khususnya dibidang teknologi, kedepan kita akan merangsang siswa untuk melakukan program program kreatif dalam bentuk lomba antar kelas, sehingga mendorong semangat anak-anak yang memiliki keahlian dibidang teknologi,” tegasnya, dan disambut tepuk tangan meriah oleh para siswa.

Baca Juga : Program Kultum MAN 1 Rokan Hilir Mengkader Da’i dan Da’iyah

Pantauan dilapangan, upacara bendera ini menjadi Istimewa, selain pelaksaan upacara dilanjutkan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba antar kelas dalam rangka HUT RI ke-73 di lingkungan MAN 1 Rohil.

Untuk kategori kebersihan lingkungan dan keindahan kelas, juara pertama diraih kelas XII IPA, dengan wali kelas, Ibu Zaitun, disusul kelas XI IPS 2 wali kelas, Ibu Afrimawatii, juara tiga kelas X IPA 2 wali kelas, Ibu Ade Zarma. Sedangkan juara harapan 1 jatuh pada kelas XII IPS 1 wali kelas, Ibu Nurmiwati Emi, serta terakhir harapan 2 kelas XII IPS 3 dengan wali kelas, Ibu Sukarnila.

Selain lomba kebersihan juga dilaksanakan Turnamen FUTSAL antar kelas, Untuk pertandingan Futsal masih didominasi anak kelas XII, adapun pemanang juara 1 kelas XII IPS 2, juara dua kelas XII IPS 1, dan juara 3 dipengang Kelas XII IPS 3. kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa sukur atas peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-73 di lingkungan MAN 1 Rohil.

Selesai menyerahkan tropi dan hadiah, Ibu Kepala Madrasah juga berkenan melakukan photo bersama dengan para pemenang Lomba, serta guru dan karyawan yang hadir.(gp3)

Comments

comments

Check Also

TNI AL Dabo Singkep Laksanakan Dialog Cinta Tanah Air & Bela Negara 2021

LINGGA – Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga …

-->