Home / Berita Riau / Penghulu Terpilih Segera Dilantik, Ketua BPKep dan Masyarakat Darussalam Datangi Kantor PMD
Rahmad Abdah PAW Penghulu Darussalam yang menang secara poling - (poto by : istimewa)

Penghulu Terpilih Segera Dilantik, Ketua BPKep dan Masyarakat Darussalam Datangi Kantor PMD

SINABOIPonijan, Ketua BPKep dan 20 Masyarakat Desa Darussalam, Kecamatan Sinaboi mendatangi kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang berada di Batu 6, Pinggir Sungai Rokan, Selasa, (10/7/18) sore.

Kedatangan mereka ke Kantor PMD didampingi Pejabat Sementara (Pjs) Penghulu Darussalam M. Faizal meminta kepada Bupati Rohil melalui PMD untuk segera melantik PAW (Pengganti Antar Waktu) Penghulu yang terpilih hasil musyawarah pada Senin 2 Juli 2018 kemarin, agar perputaran roda kepemerintahan berjalan dengan semestinya.

Terkait dengan adanya permintaan pemilihan penghulu diulang yang disampaikan beberapa orang masyarakat Darussalam belum lama ini, Ponijan mengatakan bahwa hingga hari ini ia tidak tau masyarakatnya siapa dan apa tuntutannya.

“Apa tuntutannya, Saya tidak tau itu. Lagi pun jika ada itu mungkin bukan masyarakat Darussalam. Masalah pemilihan penghulu tidak ada masalah, transparan dan sudah sesuai dengan prosedur serta UU, Permendagri dan Perbup,” Ujarnya.

Ia menambahkan, mendaftar sebelum pemilihan ada 5 Bacalon (Bakal calon), Yang lolos sleksi administrasi 3 orang yakni Rahmad Abdah, Asmadi dan Nurhatati. Pemilihan berlangsung secara Voting, Yang berhak memberikan hak suara ada 47 orang.

“47 orang pemilik hak suara itu terdiri dari Pemuka Masyarakat, tokoh Agama, Nelayan, Kelompok Tani dan pemerhati masyarakat miskin dan anak. Dari 47 orang, yang hadir hanya 45 orang. Saat voting, Rahmad Abdah dapat 35, Asmadi 10 dan Nurhatati 0,” paparnya.

Nurhatati tidak mendapatkan suara, sambungnya, karena yang bersangkutan tidak hadir saat pemilihan. “Undang-undang yang saya baca dan pelajari, Yang menentukan peserta pemilihan PAW ini adalah BPKep dan pihak Kepenghuluan,” jelasnya.

Masih kata Ponijan lagi, RT dan masyarakat serta pemilik hak suara pada pemilihan lalu menerima hasil pemilihan dan mendukung PAW Penghulu Darussalam segera dilantik agar pembangunan desa berjalan dengan lancar.

“PAW inikan merupakan produk baru, belum pernah terjadi, tentu kami tidak mau asal-asalan. Jika kami tidak faham kami konsultasikan ke PMD. Jadi pemilihan sudah sesuai prosedur dan kami minta penghulu terpilih segera di lantik,” tegas.

Pjs Penghulu, M. Faizal menambahkan dan menegaskan bahwa Pemilihan PAW penghulu Darussalam berjalan lancar dan tidak ada kecurangan seperti yang dihebohkan.

“Saya hadir pada pemilihan itu, dan sangat-Sangat Demokrasi dan tidak ada kecurangan dan juga sangat-sangat transparan. Saya juga siap mempertanggung jawabkan hasil pemilihan itu,” Ungkap Faizal.

Selain itu, Faizal juga menyampaikan terkait dengan adanya isu Kepala Dusun (Kadus) tidak dilibatkan dalam pemilihan ia membantahnya. “Kadus 1 dan 2 ikut memilih, Tapi tidak atas nama Kadus melainkan atas nama pemuka masyarakat, Jadi, saya dukung agar segera dilantik penghulu terpilih, guna berjalannya roda kepemimpinan di Darussalam ini,” Pungkasnya.(tris)

Comments

comments

Check Also

Lamanya Jeritan Buruh di Lingga Pengusaha PHK Sepihak, Akhirnya Pemkab Bersuara

LINGGA – Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (F-SPSI) sangat menyesalkan kepada Pemkab Lingga terkhususnya Dinas …

-->