Home / Berita Riau / Tumpah Ruah Ribuan Masyarakat Saksikan Bakar Tongkang Di Pulau Halang
Terlihat semangat dan gembira penandu yang mengarak-arak Tongkang dimulai dari Kelenteng Tin Hai King tiba ditempat pembakaran Tongkang - (poto by : mamad)

Tumpah Ruah Ribuan Masyarakat Saksikan Bakar Tongkang Di Pulau Halang

PULAUHALANGTumpah ruah Ribuan masyarakat Tionghoa padati perayaan Ritual Bakar Tokang di Pulau Halang, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Walau dibawah terik matahari yang cukup panas, namun tidak menyurutkan niat ribuan warga yang mengikuti acara tersebut dengan khusuk dan antusias.

Acara Bakar Tongkang Pulau Halang sendiri sudah dilakukan oleh masyarakat sekitar secara turun temurun, hal itu dilakukan untuk mengenang sejarah-sejarah peradaban yang harus dikenang dan melestarikan budaya bagi warga keturunan kita yang kini sudah merumpun di Indonesia.

Bukan hanya di ikuti masyarakat sekitar dan masyarakat kelahiran Pulau Halang yang saat ini merantau diluar daerah saja. Namun, acara Tahunan Bakar Tongkang yang terletak di Pulau Halang tersebut kini mulai dikenal perlahan-lahan dimata wisatawan lokal.

Selain itu, acara yang berlangsung selama tiga hari itu (31/5/18-2/6/18) beberapa waktu lalu tidak terlepas dari sosok putra terbaik yang bertangan dingin, dan ia pun putra asli kelahiran Pulau Halang, Kabupaten Rokan Hilir. Ya, dia bernama ‘Sugianto’ atau yang lebih akrab disapa warga Rokan Hilir ‘Raja Baut’. Putra terbaik kelahiran Pulau Halang, 48 Tahun yang silam itu sudah cukup banyak melakukan berbagaihal dikampung halamannya.

Bukan hanya dikampung halamannya (Pulau Halang,red), Raja Baut juga memberi energi positif bagi Kabupaten berjuluk Seribu Kubah ini, masih dengan kepiawaian tangan dinginnya, akhirnya Event Bakar Tongkang yang terbesar dikota Bagan Siapi-api, Kabupaten Rohil, masuk menjadi salah satu event bergensi ditingkat Nasional. Bahkan, Pemerintah Pusat sudah mencantumkan Event Bakar Tongkan salah satu event wisata di Kalender Nasional.

Tentu, dari semua keberhasilan tersebut juga tidak terlepas dari peranan dan kerjasama Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir serta seluruh masyarakat Rokan Hilir terutamannya san unsur-unsur Forkopimda lainnya.

Kembali ke Bakar Tongkang Pulau Halang, selain kepiawaian tangan dingin Raja Baut tentunya keberhasilan dan kesukses serta kemeriahan acara tersebut tidak terlepas dari peranan seluruh jajaran terkait, terutamanya masyarakat Pulau Halangan yang sudah saling bahu-membahu dalam melaksanakan dan menyukseskan acara tersebut, serta jajaran aparat keamanan yang sudah turut serta memberi pengawasan dan keamanan dalam memberi rasa kondusip Kamtibmas.

“Acara Bakar Tongkang, Pulau Halang Tahun ini (2018,red) sukses dan meriah lah, tampak ada sekitar ribuan masyarakat mengikuti acara ini,” demikian papar salah seorang warga setempat yang enggan menyebut namanya, saat berbincang hangat dengan awak media ini, Sabtu (2/6/18).

Sementara, Cici Rahma salah satu wisatawan lokal asal Kota Medan, Sumatra Utara, saat dikonfirmasi mengatakan, ini kunjungan pertama kalinya ke Pulau Halang. Ia datang ke Pulau Halang guna menyaksikan acara Bakar Tongkang. “Ini pertama kali saya menyaksikan acara Bakar Tongkang, Pulau Halang. Kalau acara Event Bakar Tongkang yang dikota Bagan Siapi-api dirinya sudah berulangkali menyaksikan Event tersebut bersama keluarga dan teman-teman,” ujarnya.(gp4)

Comments

comments

Check Also

Daftar ke KPU, Camar: Energi Baru Membangun Negri

“Filosofi Camar: Ini adalah burung yang terbang tinggi di atas bersama-sama maupun sendiri sendiri. Camar …

-->