Home / Advetorial / Gelar Ramadhan Fair II, Upika Bagan Sinembah Utamakan Pedagang Lokal
camat sakinah dan upika terkait saat membahas persiapan ramadhan fair II - (poto by : iloeng)

Gelar Ramadhan Fair II, Upika Bagan Sinembah Utamakan Pedagang Lokal

GoPesisir.com (BAGANSINEMBAH) Bisa dikatakan sukses menggelar Ramadhan Fair Pertama (RFP I) Tahun 2017, Tahun ini (2018,red) Pemerintah Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir kembali menggelar kegiatan Ramadan Fair ke II Tahun 1439 H/2018 M. Namun kali ini, untuk mengisi Bazar lebih memberdayakan pedagang lokal.

Untuk mematangkannya, Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP MSI mengadakan rapat perdana dan pembentukan pantia pelaksananya, Jumat (20/4/2018) di ruang kerja Camat Bagan Sinembah.

Dalam rapat tersebut, kegiatan yang dilaksanakan sama seperti tahun sebelumnya, namun tahun ini sedikit berbeda dari segi tema kegiatannya.

Camat mengatakan, Ramadhan Fair ke II ini mengusung tema “Berdayakan Pedagang Lokal untuk Kesejahteraan Umat Bagan Sinembah”. Dengan arti kata, untuk mengisi Bazar nantinya, Pemerintah Kecamatan Bagan Sinembah lebih mengutamakan pedagang lokal yang ada di Bagan Sinembah khusunya, umumnya Kabupaten Rokan Hilir.

“Cukuplah selama ini pedagang dari luar Rokan Hilir yang menikmati ‘Panen Raya’ saat Ramadhan, tahun ini dan Insya Allah seterusnya kita berikan kepada warga masyarakat kita di Bagan Sinembah dan Rokan Hilir,” ungkapnya.

Diuraikannya, tema kegiatan ini dibuat bukan tanpa alasan yang kuat, berdasarkan laporan Panitia tahun sebelumnya, pada Bazar Ramadhan tersebut ada beberapa pedagang lokal yang ikut bersaing berjualan. “Hasilnya, mereka mampu bersaing, tidak hanya pada kualitas dagangannya, namun harga juga dapat bersaing,” ungkapnya.

Dasar itulah, lanjut camat, pada Ramadan Fair ke II ini lebih mengutamakan pedagang lokal. “Kalau nanti ada sisa stand yang kosong, itu baru kita berikan kepada pedagang luar,” tegasnya.

Disamping itu, ungkap camat, panitia pelaksana nantinya diharapkan harus mampu memberikan yang terbaik dari tahun sebelumnya. “Pelajari kesalahan yang lalu, tahun ini harus lebih baik lagi,” pintanya.

Ditambahkannya, penempatan lokasi pedagang Takjil juga dilakukan sama dengan tahun sebelumnya. Semua, mulai dari Takjil, Pasar Malam, Pentas Ramadhan dan Bazar Ramadhan ini kita pusatkan di Lapangan Prumnas Bagan Batu Kota Kecamatan Bagan Sinembah.

“Untuk Takjil, tidak ada sewa lapak bahkan tenda jualan juga gratis, tapi khusus pedagang Takjil. Kalau Bazar tetap sewa, namun kita upayakan lebih murah dari yang sebelumnya,” tandasnya dan menegaskan bahwa tidak akan memberikan izin untuk pasar malam maupun Bazar selain di lapangan Prumnas Bagan Batu Kota.

Di tempat yang sama, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Vera Taurensa SS MH yang diwakili Kanit Lantas Iptu Syafyandra SH mendukung penuh kegiatan ini.

“Kita apresiasi buat ide bu camat, sebab, dengan dipusatkannya pedagang Takjil di satu tempat, yakni lapangan Prumnas, tentu tidak adalagi pedagang yang berjualan di pinggir jalan, otomatis tidak adalagi kemacetan lalulintas,” katanya.

Diuraikan Iptu Syafyandra, jika pedagang dibiarkan berjualan di pinggir jalan seperti dua tahun lalu, jalanan kota Bagan Batu kerap macet.

“Dampaknya dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalulintas. Kita hanya tidak ingin tunggu ada korban kecelakaan baru dipindahkan. Untuk itu, pihaknya sangat mendukung Ramadhan Fair ke II ini,” ungkapnya.

Selain Camat Sakinah dan Kanit Lantas Polsek Bagan Sinembah, Iptu Syafyandra SH, hadir dalam rapat tersebut, Danramil 03/Bgs Kapten Arh H Sitorus yang diwakili Bintara Tinggi Urusan Dalam (Batuud) Peltu Edy Wiyanto, kepala Puskesmas Bagan Batu, dr Josafat, Lurah Bagan Batu Kota, H Maris Siregar, Penghulu Bagan Batu, Dedi Irwan S.Sos, Penghulu Bahtera Makmur, Narso dan Lurah Bahtera Makmur Kota H Sukatno.

Pada kesempatan itu, camat langsung membentuk kepanitiaan lapangan Ramadhan Fair ke II. Selaku ketua ditunjuk, Wennaldy Sinaga, Sekretaris, Dedi Spirit, Bendahara, Rahmat alias Mamek serta kepengurusan lainnya seperti Neri Syamsuar, Syafarul Amri dan lain sebagainya.

Lalu, dalam rapat tersebut juga diketahui bagwa dalam Ramadan Fair ke II ini nantinya juga diadakan Pentas Ramadan yang diisi berbagai lomba keagamaan bagi siswa SD SMP.

“Pentas Ramadan ini, selain mengisi waktu anak – anak kita menjelang berbuka puasa, Pentas Ramadan ini juga sebagai pendukung Takjil agar ramai yang membeli,” ungkap Neri menyampaikan mewakili panitia pelaksana dan menjelaskan bahwa Pasar Malam juga adalah sebagai pendukung agar Bazar Ramadan nanti ramai pembeli.**(iloeng)

Comments

comments

Check Also

Menjelang Pemberlakuan New Normal, Bupati Minta Dinas Terkait Segera Siapkan Draft SOP

MERANTI – Demi kelancaran penerapan Tatanan Kehidupan Baru Ditengah Pandemi Covid-19 (New Normal) yang rencananya …

-->