Home / Berita Riau / WOW!!! Sekolah MAN 1 Rohil Kejar Target Sekolah Adiwiyata 2018
(MAN 1 mengejar target Adiwiyata 2018, mengolah kawasan Rawa, Menjadi Lingkungan 'ASRI') - (poto by : tami boes)

WOW!!! Sekolah MAN 1 Rohil Kejar Target Sekolah Adiwiyata 2018

(Mengejar target Adiwiyata 2018, mengolah kawasan Rawa, Menjadi Lingkungan ASRI)

GoPesisir.com (ROHIL)Kota Bagansiapiapi yang terletak di daerah pesisir timur pulau Sumatera, merupakan suatu daerah Rawa yang dikelilingi oleh hutan gambut, sehingga tidak heran bila daerah ini sering terjadi kebakaran hutan saat musim kemarau. Sebagai daerah rawa tentunya sering digenangi air (terendam) saat musim penghujan (tak jarang hujan sehari saja membuat beberapa perkantoran dan jalan serta rumah warga tergenang air).

Kondisi yang demikian inilah diperlukan keseriusan pemerintah dalam melakukan pembangunan lingkungan yang sehat.

MAN 1 Rokan Hilir yang terletak di garis pantai Bagansiapiapi, merupakan daerah lembab dan rawa. Hal ini tidak lepas dari posisi diantara pertemuan air hujan dan air pasang laut. Menjadikan MAN 1 Rokan Hilir sebagai sekolah Adiwiyata tidaklah semudah membalik telapak tagan (Sekolah adiwiyata adalah Sekolah yang peduli lingkungan sehat, bersih serta lingkungan yang indah). Dibutuhkan keseriusan seluruh pihak, terutama para pimpinan Madrasah, diharapkan pada tahun 2018 MAN 1 Rokan Hilir dapat mewujudkan sekolah yang peduli lingkungan dan memperoleh pengakuan dalam bentuk penghargaan minimal tingkat Kabupaten.

Selain kepedulian pihak warga sekolah, diharapkan MAN mampu mendorong seluruh masyarakat di sekitar sekolah untuk menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi Manusia. Apalagi MAN 1 Rokan Hilir bersebelahan dengan Kantor Kelurahan dan kantor Kecamatan Bangko, rasanya untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata menjadi sangat memungkinkan, tentunya besinergi dengan pihak pemerintah khususnya pihak Kelurahan Bagan Barat dan Pihak Kecamatan Bangko, serta masyarakat sekitarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihak MAN 1 Rokan Hilir telah melaksanakan program yang berhubungan dengan lingkungan, seperti koordinasi dengan lembaga dan Dinas terkait (Dinas Kebersihan dan Pasar), serta tiem Adiwiyata Kabupaten Rokan Hilir, yang dipimpin langsung bapak Kabid, Ir. Syaiful Anwar. Diharapkan koordinasi ini mampu mendorong semangat kebersamaan semua pihak, dan salah satu bentuk hasilnya adalah menjadikan hari sabtu sebagai hari peduli lingkungan di MAN 1 Rokan Hilir dengan program Gotong Royong bersama peduli lingkungan baik guru karyawan dan para siswa. Dengan tujuan, membangun kesadaran tentang perlunya kebersihan, lingkungan yang hijau dalam proses pendidikan.

Disamping program goro bersama, MAN 1 Rokan Hilir juga melaksanakan kajian dalam bentuk studi banding dengan sekolah yang telah meraih penghargaan Adiwiyata Nasional yakni SMU/SMP Bina Bangsa Balam, Kecamatan Balai Jaya Rokan Hilir pada selasa (13/3/18) yang dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah, Dra. Rahmawati MPd, didampingi Ketua Tiem Adiwiyatan MAN 1 Rokan Hilir, Desra Berliana SP.d, bersama Ketua Tiem Adiwiyata Kabupaten Rokan Hilir, Kahfi Sutikno.

Diharapkan, kunjungan ini mampu memompa semangat warga MAN 1 Rokan Hilir dalam menuju MAN 1 Adiwiyata pada 2018, melihat kondisi lingkungan yang jauh berbeda dengan sekolah Bina Bangsa yang terletak dilingkungan dataran tinggi, tapi tidak menyurutkan niat untuk menjadikan MAN 1 sebagai sekolah yang peduli lingkungan, semangat ini akan terus kami bangun sehingga dapat terwujud, kedepannya MAN 1 dapat menjadi sekolah yang sangat diminati dan mendapat tempat bagi masyarakat untuk mengantarkan anak-anaknya belajar di MAN 1 Rokan Hilir,” demikian kata sambutan yang disampaikan oleh Kepala MAN 1, Rahmawati, dalam acara tersebut. (gp4/boes)

Comments

comments

Check Also

Daftar ke KPU, Camar: Energi Baru Membangun Negri

“Filosofi Camar: Ini adalah burung yang terbang tinggi di atas bersama-sama maupun sendiri sendiri. Camar …

-->