Home / Berita Riau / EKONOMI KREATIF LEWAT KOPERASI MAN SATU ROKAN HILIR (Madrasah Hebat)
Bustami guru MAN 1 Bangko - (poto-fb)

EKONOMI KREATIF LEWAT KOPERASI MAN SATU ROKAN HILIR (Madrasah Hebat)

GoPesisir.com (ROHIL) – Tidak dapat dipungkiri, selain sebagai makhluk sosial, Manusia juga merupakan makhluk “homo economicus”, yang terus berporoses dalam setiap tahapan waktu, paling tidak ada 4 tahapan yang terus dilajalani, masa berburu dan bercocok tanam,, masa modern, masa teknologi dan informasi serta masa ekonomi kreatif yakni ekonomi yang berbasis pada masyarakat dan budayanya.

Pada Tahapan pertama, masa berburu dan bercocok tanam. manusia masih dengan ciri sering berpindah yang disebut dengan manusia nomaden, yakni hidup berpindah-pindah. Setelah nenek moyang kita menemukan lahan dan tempat yang cocok untuk membuka ladang dan bercocok tanah, di situlah mereka mulai menetap.

Tahapan kedua, ketika terjadinya revolusi industri di Prancis dan Inggris memaksa manusia mulai meninggalkan cara manual bertani dan bercocok tanam. Para petani tidak lagi menggunakan alat – alat pertanian sederhana. Mereka mulai memakai peralatan pertanian dengan teknologi modern.

Masa yang ketiga, masa teknologi dan informasi. Pada masa ini manusia semakin dimanjakan dengan kehadiran cyber. Informasi dapat berkembang sangat cepat bahkan dalam hitungan detik.. Fenomena ini memaksa manusia terus mengembangkan ekonomi yang cepat pula. Bisnis online contohnya semakin berkeliaran.

Tahapan ke empat, yang disebut dengan masa ekonomi kreatif. Mary Elka Pangestu, pada program seratus hari pertamanya sebagai Menteri Perdagangan RI di Kabinet Indonesia Bersatu selalu mendengungkan ekonomi kretif. Ekonomi ini mengacu pada kearifan lokal bangsa Indonesia. Namun tetap menunjukkan sebagai bangsa yang berkembang dalam berbagai bidang. Tentu saja inovasi dan kreatifitas anak bangsa harusnya menjadi spirit.

Dengan konteks kearifan lokal inilah maka sangat layak bila koperasi menjadi andalah dalam mengembangkan ekonomi kretif dilingkungan masyarakat,

Sebagai soko guru ekonomi Indonesia yang tidak lepas dari budaya dan krakter kebangsaan, sebagaimana dijelaskan dengan Undang-Undang Perkoperasian No. 25 Tahun 1992 bahwa koperasi sebagai badan yang berdiri atas anggota-anggota dengan asas gotong–royong dan kerja sama. Semangat persatuan bangsa dalam usaha bersama.

Maka tidak salah kiranya bila kita kembali kesemangat gotong royong dalam bidang ekonomi lewat koperasi, dan MAN 1 Rokan Hilir sebagai lembaga pendidikan, yang berfungsi memberikan pengatahuan dan pendidikan anak daerah ini, tentu saja mempunyai tanggung jawab untuk ngembangkan eonomi kreatif dilingkungan warga MAN Rohil, lewat KOPERASI MAN SATU ROKAN HILIR yang secara resmi di buka oleh Kepala MAN Dra. Hj Rahmawati, pada kamis 1 Maret 2018.(gp3/bus)

Comments

comments

Check Also

Kami Pingin Maju, Bangunkan Kami Jaringan Telkom Akses Internet

LINGGA – Harapan warga Kecamatan Selayar belum bisa terwujud sesuai dengan selogan “Kami Memang Terpencil, …

-->