Home / Hot News / Wow… Event Bakar Tongkang 2017 Tembus 60 Ribu Jiwa Pengunjung
Poto By: Ram - Ket Poto: Saat pembakaran reflika kapal tongkang simbol mengenang tradisi leluhur

Wow… Event Bakar Tongkang 2017 Tembus 60 Ribu Jiwa Pengunjung

GoPesisir.com, Rohil – Diprediksikan perayaan Event Nasional Ritual Bakar Tongkang, Tahun 2017 ini terjadi peningkatan dari Tahun-tahun sebelumnya. Tercatat, di Tahun ini (2017) jumlah kunjungan Wisatawan Lokal mau pun Wisatawan Manca Negara mencapai lebih kurang 60 Ribu jiwa pengunjung.

Event ini kembali mencatat sejarah sebagai peringkat ke 10 tingkat event wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Dan yang dimiliki Kabupaten berjuluk Negri Seribu Kubah ini (Rohil,red).

Bupati Suyatno Poto bersama didetik-detik pembakaran reflika bakar tongkang

Diberbagai sambutannya, Bupati Rohil, H. Suyatno mengatakan, Event Ritual Bakar Tongkang ini telah masuk dalam Kalender Nasional sebagai salah satu objek wisata yang terdapat di Provinsi Riau. Event budaya warisan leluhur masyarakat Tionghoa ini mampu menyedot perhatian Puluhan Ribu Wisatawan setiap tahunnya.

Dari kiri Bupati Suyatno, Kapolda Riau Irjen Zulkarnaen dan Raja Baut (Sugianto) poto bersama disaat acara hendak dimulai

Tahun ini perayaan Event ini dihadiri oleh ketua DPR RI, Setya Novento, Deputi Mentri Pariwisata, Gubernur Riau, H. Arsyadjuliandi Rachman, Wagubri, H. Wan Thamrin Hasyim, Dandrem 031 Wirabima, Abdul Karim, Kapolda Riau, Irjen Zulkarnaen, Bupati Pelalawan H. M Haris, dan undangan penting lainnya.

Event Wisata Bakar Tongkang atau dikenal dengan perayaan ulang tahun Dewa ‘Ki Hu Ong Ya’ ini mereka yakini untuk menentukan arah rezeki bagi masyarakat Tionghoa. Disisi lain, Pembakaran tongkang ini juga bertujuan supaya kapal yang dibuat memakan anggaran ratusan juta itu tidak bisa membawanya pulang kekampung asalnya.

“Event Bakar Tongkang ini sudah Mendunia, dan ini merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh Pemkab Rohil. Event ini setiap tahunnya membuat Kota Bagansiapi-api menjadi lautan manusia,” ujar singkat orang nomer satu Rohil ini.

Tampak ribuan wisatawan lokal dan manca negara yang menghadiri event bakar tongkang

Atas nama pemerintah Kabupaten Rohil, Ia mengucapkan banyak ribuan terimakasih kepada selur panitia Event Bakar Tongkang yang sudah membentuk tim. Sehingga, acara ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses. Dan juga ucapan yang sama pada jajaran keamanan baik TNI, Polri dan seluruh jajaran keamanan yang terlibat. Dan kepada seluruh masyarakat Rokan Hilir yang sudah turut menyukseskan dan memeriahkan araca Event Ritual bakar Tongkang.***

Penulis: Ram
Redaktur: Mad

 

Comments

comments

Check Also

Daftar ke KPU, Camar: Energi Baru Membangun Negri

“Filosofi Camar: Ini adalah burung yang terbang tinggi di atas bersama-sama maupun sendiri sendiri. Camar …

-->