Home / Advetorial / Gesa Objek Wisata Bay Park, Bupati Tanam 100 Pohon Ditepi Parit Bay Park
Bupati tanam 100 pohon di Bay Park

Gesa Objek Wisata Bay Park, Bupati Tanam 100 Pohon Ditepi Parit Bay Park

Mewujudkan wacana objek wisata dan mempercantik taman wisata Parit Bay Park (Bepak’red), Pemerintah Kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melakukan penghijauan dengan menanami ratusan pohon ketapang kencana dipinggiran parit Bay Park. Penghijauan diatas lahan yang memiliki sejarah dizaman kepemerintahan Belanda itu untuk mempercantik dan memperindah taman wisata agar masyarakat merasa nyaman saat berkunjung dilokasi tersebut.

“pohon-pohon jenis ketapang kencana ini kita tanami untuk pelindung agar lokasi wisata parit Bay park ini tetap terjaga keasriannya. pemkab rohil sangat serius untuk mengembangkan parit bay park ini dijadikan taman wisata, karena selain lokasinya sangat stategis juga memiliki sejarah dizaman kepemerintahan belanda, “kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp, disela-sela meresmikan taman wisata Parit Bay Park, Sabtu (2/4) kemaren, dijalan Bahagia ujung, Bagansiapiapi.

Agar taman wisata ini mudah diingat oleh masyarakat, maka lokasi ini kita berikan dengan nama taman wisata Bay Park. “kalau dulunya masyarakat kita kebanyakan memang taunya lokasi ini dengan nama parit bepak. Karena lokasi ini telah kita jadikan sebagai salah satu taman wisata andalan, maka kita berikan dengan nama parit Bay park agar mudah diingat, “ujar Suyatno.

Selain menanami ratusan pohon diparit Bay Park, Bupati juga mengadakan perlombaan menangkap bebek didalam air untuk kalangan ibu-ibu rumah tangga. Perlomaan itu dalam rangka menghibur nindya praja IPDN yang telah menyelesaikan kegiatan praktek Kerja Lapangan (PKL) dirohil. “perlombaan ini hanya untuk memberikan hiburan kepada masyarakat dan ratusan nindya praja IPDN yang telah menyelesaikan PKL, “tutur Suyatno.

Dilanjutkan, Pemkab rohil kedepannya juga akan mengadakan perlombaan menangkap bebek diair ini secara rutin, terutama pada momen hari besar seperti Hut RI, Perayaan Ritual Bakar Tongkang, dan lain sebagainya. Selain perlombaan menangkap bebek, kita nantinya juga akan mengadakan perlombaan pukul bantal diair dan lomba sampan dayung, “janjinya.

Perlombaan menangkap bebek diair itu ditandai dengan pelepasan belasan bebek keparit Bay Park oleh Bupati Suyatno dan ketua DPRD Rohil, Nasruddin Hasan. Setelah belasan bebek-bebek itu dilepaskan, puluhan ibu-ibu terlihat melompat keparit untuk menangkap bebek tersebut. Bagi peserta yang terbanyak menangkap bebek itu maka dianyatakan sebagai pemenangnya.

Penanaman pohon ketapang kencana dan perlomboaan menangkap bebek di air itu turut dihadiri oleh Plt Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan Msi, para Asisten, Dandim 0321 Rohil Kapt Arh Bambang Sikisworo, dan beberapa Pimpinan SKPD lainnya dilingkungan pemkab Rohil, serta ratusan Nindya praja IPDN Kampus Rohil.

Keinginan untuk mengembangkan parit bay park di tunjukan Bupati H Suyatno saat meninjau taman wisata Bay Park. Bupati tampak serius ingin membenahi Kawasan parit bay park dijalan Bahagia Ujung Bagansiapiapi itu untuk dijadikannya tempat wisata permainan air.

Wacana dan Penegasan Kembangkan Objek Wisata

Sauasana Bay Park saat hari libur
Sauasana Bay Park saat hari libur

Suyatno yang didampingi pejabat teras pemkab Rohil dan anggota DPRD Rohil, H Tatang Hartono, menegaskan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat membenahi kawasan wisata ini

“Berhubung kawasan ini sudah dikunjungi masyarakat. Sudah saatnya taman wisata bay park ini dibenahi sebagus mungkin. Sehingga kawasan ini bisa menjadi daya tarik mengisi waktu libur dan santai,” ujarnya

Tempat wisata yang berasal dari sungai ala mini, lanjut dia, membutuhkan fasilitas penunjang agar orang bisa lebih tertarik dating kesini. “Saya sangat setuju parit bay park dijadikan taman wisata bay park. Umtuk semua itu, semua harus dikelola dan ditata semenarik mungkin. Agar masyarakat Rohil bisa mengisi waktu santai disepanjang kawasan wisata ini,” tandasnya

Untuk Pulau Jemur, sebelumnya Bupati Rohil H Suyatno mengatakan bahwa terhadap kawasan potensi wisata andalam daerah ini, Pemkab Rohil rencana akan membeli kapal Ferry untuk mengangkut bolak-balik penumpang dengan kapasitas 100 orang. Sedangkan sentral tampat persinggahan turun naik penumpang tujuan Bagansiapiapi via Pulau Jemur juga akan disiapkan

“Daerah kita masih banyak potensi belum terkelola dengan baik, kita minta kepada semua pihak member dukungan dan masukan agar potensi wisata daerah ini terlaksana dengan baik,” ujarnya

H Suyatno juga mengatakan tidak semua orang pernah ke pulau jemur, maka dari itu upaya pembkab melalui dinas terkait akan merencanakan bagaimana program sector andalan wisata data tergarap dengan sebaik mungkin. “Agar daerah ini cepat maju tujuan andalan wisata daerah berjalan “kata bupati.” (Adv/Humas/rohil)

Comments

comments

Check Also

Pembukaan Isolasi Daerah, Menjadi Fokus Pembangunan Pemkab Meranti

MERANTI – Dalam mengupayakan terwujudnya impian masyarakat, agar Kabupaten Kepulauan Meranti dapat terhubung dengan Pulau …

-->