Home / Karya Tulis / Penomena Alam*
Long dollah

Penomena Alam*

Struktur Tanah Rokan sejak zaman baholak sampai sekarang tak jauh berubah. Ada daerah yang runtuh, ada pula yang bertambah. Yang bertambah namanya boting. Lama-kelaman boting menjadi daratan dan terbuka untuk dihuni. Contohnya banyak. Salah satunya ……. ya, kota Bagan Siapi-api.

Tanah Rokan juga terdiri dari tanah rendah (rawa), khususnya disepanjang Sungai Rokan. Dulu transportasi di daerah ini hanya transportasi laut, naik sampan, berdayung atau Berlayar. Bisa juga naik Kotak (Kapal Pompong). Yang naik speed-boat tak banyak lah, hanya sedikit, orang berduit atau pejabat. Sekitar tahun 1970-an, kalau dari Bagan, Bangko, Kubu, Tanah Putih, Sedinginan, Pujut, mau ke Pekan Baru hanya ada dua jalan – ke Dumai atau ke Sungai Rangau. Benar begitu ceritanya Lung, kata Bujang.

Lung Dolah mengangguk-anggukkan kepalanya tanda setuju. Itulah zaman dulu. Makanya wilayah kita termasuk wilayah yang sedikit terisolir. Kita tidak bisa cepat ke suatu tempat. Butuh waktu, biaya dan tenaga. Jadi, sekarang lebih cepat, canggih dan …….. sedaplah, ya Lung, kata Bujang.
Iya. Jawab Lung Dolah. Ini salah satu  buah dari Reformasi. Tapi Lung, ada ndak yang tak berubah ?, lanjut Bujang.

Comments

comments

Check Also

Sadarkan Diri & Semangat Membangun Pencegahan Korupsi

Persoalan pemberantasan korupsi di indonesia hingga saat ini belum tuntas. Baru-baru ini saja Komisi Pemberantasan …

-->