Home / Sosial & Lingkungan / Kurang Perhatian, Batu Nisan Makam Pawang Lion di Dumai Pernah Hampir Dicuri
Makam Pawang Lion

Kurang Perhatian, Batu Nisan Makam Pawang Lion di Dumai Pernah Hampir Dicuri

DUMAI – Makam Pawang Lion yang terletak di Jalan Lintas Dumai-Pakning, Kelurahan Pelintung, Kecamatan Mundam, Kota Dumai, Riau, merupakan bagian dari sejumlah situs cagar budaya Kota Dumai, yang hampir punah. Pasalnya batu nisan makam Pawang Lion pernah hampir dicuri oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk dijadikan batu cincin.

Hal itu disampaikan Tokoh Pemuda Pelintung, Busari Muslim SSy kepada GoRiau.com. Untuk menjaga keutuhan makam Pawang Lion, dengan swadaya masyarakat dibagunkan rumah untuk memagari makam tersebut dan mengunci dengan gembok akses pintu masuk ke makam tersebut.

“Ini situs cagar budaya yang menjadi sejarah bagaimana Kota Dumai bisa terbentuk dulunya. Kalau sempat situs ini punah atau dijarah oleh kabupaten lain. Bagaimana generasi muda bisa belajar sejarah,” ungkap Busari.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Dumai, H Darmawan mengatakan kepada GoRiau.com, akan melakukan tindakan terhadap sejumlah situs cagar budaya di Kota Dumai, salah satunya Makam Pawang Lion ini.

“Ini (makam Pawang Lion, red) bisa menjadi destinasi wisata sejarah di Kota Dumai. Sehingga pelajar dan anak-anak, bisa mengetahui bagaimana sejarah Kota Dumai bisa terbentuk. Pawang Lion merupakan peneroka (pembuka atau pemuka, red) di daerah Pelintung ini,” tutup Darmawan menjelaskan.

Untuk menyelamatkan cagar budaya di Kota Dumai, perlu perhatian serius dari pemerintah daerah dan pusat. Karena banyak peninggalan sejarah yang belum terungkap dan digali di Kota Dumai. ***

Comments

comments

Check Also

PM HAZE Dan LSM EKA Lakukan Restorasi Gambut Dan Pertanian

MERANTI – Meski masa pandemi Covid-19 belum berakhir, namun sama sekali tidak menyurutkan semangat masyarakat …

-->