Home / Sport & Ragam / Terkait Balita Penderita Gizi Buruk, Dewan Minta Tangani Secara Seriyus
Dra H. Suryati anggota Dprd Rohil

Terkait Balita Penderita Gizi Buruk, Dewan Minta Tangani Secara Seriyus

BANGKO – Terkait Roni (2) bocah penderita gizi buruk (Malnutrisi) yang dialami pasangan Rina dan Sukardi, Warga Jalan SMAN 2, Kecamatan Bangko, Rohil, Riau. Komisi D DPRD Rohil minta kepada Pihak-Pihak terkait untuk selalu memantau perkembangan kondisi bocah tersebut dengan seriyus dan intensif.

Hal ini ditegaskan oleh Sekretaris Komisi D, Dra Hj. Suryati, Jumat (8/4/16) melalui via seluler kepada awak media ini. Informasi adanya penderita gizi buruk di Rohil ini, sambungnya, kita sudah menghubungi Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Rohil guna mendapatkan informasi yang jelas terkait bocah penderita gizi buruk tersebut.

“Keterangan yang kami terima dari Kepala Diskes, Beliau menjelaskan, bocah tersebut ada penyakit lain menyertainya, seperti penyakit paru-paru serta lainnya,” ujar Tati sapaan akrabnya, meniru keterangan Kadiskes Rohil.

Ketua Pansus IV Dprd Rohil ini menuturkan, sejauh ini kita belum bisa memastikan pihak-pihak mana saja yang harus bertanggung jawab atas kesehatan balita 2 Tahun tersebut. Bisa saja, kurangnya perhatian terhadap asupan kesehatan balita tersebut.

Namun demikian, jelasnya kembali, kita lihat saja dulu seperti apa perkembangan kesehatan anak itu selama dalam perobatan di Rsud Dr Pratomo. “Jika memang didapati bocah itu mengidap penyakit paru-paru, tentunya harus diberantas dulu penyakit paru-paru balita itu. Setelah itu, nanti baru kita lihat kembali kondisi perkembangannya,” jelasnya.

Sekali lagi, Tati menegaskan kepada  pihak- pihak yang membidangi kesehatan baik itu Diskes mau pun Rsud Dr Pratomo agar selalu memperhatikan kesehatan masyarakat di Rohil ini. Apa lagi hal seperti ini. Jelas, ini sangat menjadi pukulan bagi kita semua.

“kita harapkan agar Diskes, Rumah Sakit serta Puskesmas dan Pustu untuk saling berkerjasama memperhatikan kesehatan khususnya di Rohil. Langkah ini merupakan upaya kita bersama agar kedepan di Rohil tidak ada lagi di temukan penyakit gizi buruk maupun wabah DBD,” Harapnya.

Sebelumnya Roni balita 2 Tahun ini pernah di rawat di Rsud Dr Pratomo tepatnya sekitar 6 bulan lalu dengan kasus yang sama yakni kekurangan gizi, dengan hasil pemeriksaan ronsen, anak ini juga mengidap penyakit Tubercle Bacili atau yang lebih dikenal TBC. Saat ini, ada tiga keluhan penyakit yang dialami bocah tersebut diantaranya batuk, demam yang di sertai mencret.(ram)

Comments

comments

Check Also

Pendidikan Target Program Unggulan H. Adil

MERANTI – Tolak ukur utama kemajuan ekonomi dan kesejahteraan disuatu daerah adalah pendidikan dan kesehatan, …

-->