Home / Kesehatan / Persiapan Pilkada 2017, Bawaslu Riau Buka Pendaftaran Panwas Pekanbaru dan Kampar
Pimpinan Bawaslu Provinsi Riau, Rusidi Rusdan menyerahkan buku pedoman timsel, kepada ketua Timsel Pilkada 2017, Asep Ruhiyat, Selasa siang, 5 April 2016, di kantor sekretariat Bawaslu Provinsi Riau.

Persiapan Pilkada 2017, Bawaslu Riau Buka Pendaftaran Panwas Pekanbaru dan Kampar

PEKANBARU – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau dalam waktu dekat ini akan merekrut Panwas untuk mengawasi pemilihan di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar yang akan berlangsung Februari 2017, sedangkan proses perekrutan akan dibantu oleh tim seleksi.

“Timsel bertugas menjaring dan menyaring calon Panwas, dan menyerahkan enam nama-nama calon Panwas kepada Bawaslu Riau,” ujar Pimpinan Bawaslu Provinsi Riau, Rusidi Rusdan di forum rapat bersama timsel, Selasa siang, 5 April 2016, di kantor sekretariat Bawaslu Provinsi Riau, Jalan Sultan Syarif Kasim No. 199, Pekanbaru.

Pada rapat perdana antara Bawaslu Provinsi Riau dengan timsel ini membahas timeline penjaringan dan penyaringan calon anggota Panwas, dan menetapkan secara musyawarah peran kepanitiaan dari tiga anggota timsel, yaitu Ketua: Asep Ruhiyat; Sekretaris: Jupendri; dan Anggota: Griven Heri putera.

Selanjutnya, Rusidi memperkenalkan Pimpinan Bawaslu Provinsi Riau yang hadir, yaitu Fitri Heriyanti, sedangkan Ketua saat ini sedang dinas di Jakarta. Kemudian, untuk membantu tugas administratif, Rusidi juga memperkenalkan empat orang staf timsel yang berasal dari sekretariat Bawaslu Provinsi Riau, yaitu Darussalim, M. Andi Susilawan, M. Hamidi Maiza, dan Hendro Susanto. “Mereka berempat akan men-support seluruh kebutuhan administratif dari timsel,” jelasnya.

Hadir juga Kasubbag Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu (TP3) Nur Asni, yang bertugas mewakili Kepala Sekretariat Anderson, yang saat ini sedang dinas ke Jakarta.

Usai rapat pukul 15.00 WIB, masing-masing anggota timsel berkesempatan mengimbau kepada masyarakat yang memenuhi persyaratan agar menyiapkan diri untuk mendaftar sebagai calon anggota Panwas.

Ketua Timsel, Asep Ruhiyat mengatakan, pada tanggal 7 April mendatang sudah mulai pembukaan pengumuman pendaftaran, dilanjutkan dengan penerimaan berkas, “sesuai agenda, pengumunan akan diumumkan melalui media elektronik maupun media cetak, dan pamflet yang akan ditempel di seluruh kecamatan dan instansi terkait,” jelasnya.

Sementara, Sekretaris Timsel, Jupendri juga mengimbau kepada masyarakat agar mendaftarkan diri menjadi Panwas Kota Pekanbaru dan Panwas Kabupaten Kampar. “Mari menjadi Pengawas Pemilu yang jujur, adil dalam mengawal proses demokrasi. Kesuksesan sebuah Pemilu ditandai dengan Pengawas Pemilu yang baik. Pemilu yang menghasilkan pemimpin yang berkualitas didasari dengan kehadiran Pengawas Pemilu yang berkualitas,” imbaunya.

“Timsel terbuka kepada siapa saja yang mau berbuat baik mengabdikan diri menjadi Pengawas Pemilu, kami akan objektif menilai dan merekrut kawan-kawan yang mendaftarkan diri, yang bisa mengintervensi kami adalah kemampuan-kemampuan para bakal calon Panwas dengan menunjukkan dan melengkapi semua persyaratan yang sudah ditetapkan sesuai dengan ketentuannya,” tutur Jupendri.

Kemudian, anggota timsel Griven mengatakan anggota Panwas yang terpilih nantinya, betul-betul mampu menjadi pioner bagi bersih, jujur dan adilnya Pemilu, sehingga menghasilkan Pilkada yang memuaskan rakyat dan menghasilkan pemimpin yang jujur, mampu membawa Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru menjadi lebih baik, makmur dan sejahtera.

Griven yang juga seorang penulis, melalui tulisannya akan mengimbau kepada masyarakat, “melalui tulisan, kami juga akan mengimbau kepada masyarakat yang potensial, berintegritas, jujur, baik, yang cerdas, yang merindukan Pekanbaru dan Kampar menjadi lebih baik,” tuturnya.

“Saatnya kita mencoba bersama-sama memperbaiki tatanan bernegara, itu dimulai dengan pemilihan umum, atau Pilkada, akan mengimbau kalau bukan kita siapa lagi yang mempeloporiuntuk bersih dan baiknya damainya Indonesia ini,” pungkas Griven. ***

goriau.com

Comments

comments

Check Also

Halal Bi Halal Di Kecamatan Teluk Mengkudu, Wabup Sergai: Sergai Mencanangkan Gema Losari

SERGAI -(GOPesisir.com)- Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya SE menghadiri Halal …

-->