Home / Kesehatan / MTQ Kecamatan Bantan Diharapkan Lahirkan Azwan-Azwan Baru
Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

MTQ Kecamatan Bantan Diharapkan Lahirkan Azwan-Azwan Baru

BENGKALIS – Pengamalan isi kandungan Alquran, lebih-lebih bagi daerah yang mayoritas penduduknya beragama Islam, merupakan pondasi yang menentukan kualitas pembangunan yang kita laksanakan daerah tersebut. Tidak terkecuali di Kecamatan Bantan.

Sesuai tujuan pelaksanaan Musabqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-21 tingkat Kecamatan Bantan yang dipusatkan di lapangan sepakbola Desa Kembung Luar, Jumat (29/4/2016) malam, Bupati Bengkalis, Amril Mukminin berharap jangan disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata.

“Tetapi harus menjadi momentum strategis untuk mewarnai pelaksanaan pembangunan, dan perilaku kehidupan masyarakat, dalam kehidupan sehari-hari, dengan nilai-nilai yang qurani. Harus menjadi motivasi untuk lebih menggali nilai-nilai yang tergandung dalam Alquran. Diterapkan dalam semua aspek kehidupan, termasuk pembangunan,” harapnya.

Kata Amril, jika pelaksanaan pembangunan didasari nilai-nilai Al-quran, tidak akan terjadi penyimpangan, dan kualitasnya akan sesuai dengan yang direncanakan. Karenanya, pelaksanaan MTQ tidak boleh hanya dipahami dari sisi kegiatan syiar agama. Tetapi harus lebih komprehensif terhadap nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan yang menyertainya.

“Bagi Kecamatan Bantan, nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan itu, diantaranya, yaitu bagaimana dapat mempertahankan keberhasilan kafilah maupun qari dan qoriahnya dalam ikut mengharumkan nama kabupaten bengkalis di kegiatan serupa di tingkat yang lebih tinggi seperti selama ini” katanya lagi.

Karena, sambungnya, Bantan merupakan salah satu kecamatan yang sejak lama dikenal dan terus memberikan kontribusi terbaik, bagi kesertaan kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini pada kegiatan MTQ di tingkat yang lebih tinggi dimaksud.

Diantaranya, kata suami Kasmarni ini, adalah Azwan. Anak watan Bengkalis kelahiran Teluk Ondan, Desa Papal, Bantan, yang berhasil meraih prestasi gemilang, cemerlang dan terbilang, pada MTQ ke-34 tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Siak.

Melalui MTQ ke-21 ini, kita harapkan akan lahir Azwan-Azwan yang lain yang juga akan dapat mengharumkan nama Bantan dan Kabupaten Bengkalis di masa yang akan datang,” harapnya.

Memang, Azwan yang pada pembukaan MTQ di Kembung Luar itu didaulat melantunkan kalam ilahi, pada MTQ ke-34 dinobatkan menjadi qari terbaik Provinsi Riau tahun 2015. Dalam skala 100, nilai yang diraihnyapun, nyaris sempurna, yaitu 95. ***

Comments

comments

Check Also

Jadi Narsum Pada Webinar Nasional, Ini Kata Dr. Misri

MERANTI – Dampak stunting adalah terganggunya perkembangan otak, kecerdasan, gangguan pada pertumbuhan fisiknya, serta gangguan …

-->