Home / Kesehatan / Ingin Status CPNS, Plt Camat Mandau Beberkan Informasi Untuk Siswa SMA yang Selesai Jalani UN
Sapon, Plt Camat Mandau

Ingin Status CPNS, Plt Camat Mandau Beberkan Informasi Untuk Siswa SMA yang Selesai Jalani UN

DURI – Selesai Ujian Nasional (UN), Rabu (6/4/2016) hari ini, ribuan pelajar SMA sederajat di Mandau jangan perlu ragu untuk memilih jenjang pendidikan berikutnya. Apakah ke perguruan tinggi atau ingin menjadi siswa/taruna pada Kementrian/Lembaga (K/L) yang mempunya Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID).

Dikatakan Plt. Camat Mandau, Sapon, ada tujuh LPID yang membuka kesempatan untuk menerima 5.940 kursi calon siswa untuk seleksi lulusan SMA sederajat. “Berdasarkan informasi dari pusat, tujuh LPID ini bisa menjadi acuan dalam memilih pendidikan setelah SMA,” kata Sapon kepada GoRiau.com, Rabu (6/4/2016).

Tujuh LPID tersebut, lanjutnya, adalah pertama, Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN membuka kesempatan untuk 3.650 siswa. Pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Maret “ 7 April 2016, pelaksanaan TKD (Tes Kemampuan Dasar) dari tanggal 20 “ 24 Juni 2016.

Kedua, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) membuka kesempatan untuk 900 siswa. Pendaftaran dibuka dari tanggal 29 Maret “ 25 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 9 “ 13 Mei 2016.

Ketiga, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) membuka kesempatan untuk 500 siswa. Pendaftaran dibuka dari tanggal 1 Maret “ 30 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 19 “ 22 Juli 2016.

Keempat, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)membuka kesempatan untuk 300 calon siswa/taruna. Pendaftaran dibuka dari tanggal 4 April “ 27 Mei 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 9 “ 10 Agustus 2016.

Kelima, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) membuka kesempatan untuk 260 calon taruna Akademi Imigrasi (AIM). Pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Maret “ 4 Mei 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 30 Mei “ 3 Juni 2016.

Keenam, Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) membuka kesempatan untuk 250 siswa. Pendaftaran dibuka dari tanggal 21 Maret ” 22 April 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 11 Mei “ Selesai.

Dan terakhir, adalah Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) membuka kesempatan untuk 80 siswa. Pendaftaran dibuka dari tanggal 15 “ 30 Maret 2016, pelaksanaan TKD dari tanggal 15 “ 22 April 2016.

“Bagi masyarakat lulusan SMA sederajat yang hendak melakukan pendaftaran, dapat melakukan pendaftaran secara online di panseldikdin.menpan.go.id sesuai dengan jadwal. Dengan adanya sistem pendaftaran terpadu ini, ia yakin tidak ada seorang pun bahkan pihak manapun yang dapat membantu kelulusan dengan cara membayar uang dalam jumlah tertentu,” pungkasnya. .

Ia juga mengingatkan kepada para peserta bahwa peserta hanya boleh mendaftar di salah satu dari 7 Kementerian/Lembaga Pendidikan Kedinasan. Apabila ada peserta yang mendaftar di dua atau lebih Lembaga Pendidikan, maka peserta tersebut dinyatakan gugur.

“Jika selesai belajar atau lulus dan sudah memperoleh ijazah dari salah satu 7 lembaga ini, akan dilakukan pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Para peserta yang lulus kemudian akan ditempatkan pada jabatan tertentu, berdasarkan usulan dari Kementerian/Lembaga yang bersangkutan serta Pemerintah Daerah (yang melakukan pola pembibitan bagi lulusan STTD) berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Menteri PANRB,” tutupnya. ***

goriau.com

Comments

comments

Check Also

Halal Bi Halal Di Kecamatan Teluk Mengkudu, Wabup Sergai: Sergai Mencanangkan Gema Losari

SERGAI -(GOPesisir.com)- Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya SE menghadiri Halal …

-->