Home / Berita Riau / Habib Faishal Pastikan HAUL Perdana Sayyid Ali dan Sayyid Beqof Dibarengi Tabligh Akbar
Habib Sayyid Faishal

Habib Faishal Pastikan HAUL Perdana Sayyid Ali dan Sayyid Beqof Dibarengi Tabligh Akbar

BATUHAMPAR – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau akan melakukan HAUL (Mengingat,red) Sayyid Ali (Datuk Batu Hampar) Bin Abdurrahman Alydrus dan Sayyid Beqof Bin Alwy Alathos yang pertama dan sekaligus acara Tabligh Akbar guna memperingati Nifsu Sya’ban menyambut kedatangan Bulan Suci Ramadhan 1437 Hijriah di Desa Bentaian, Kecamatan Batu Hampar.

Sejarah merupakan pilar penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. sejarah ialah warisan leluhur yang tak ternilai harganya, sejarah ibarat pondasi sebuah bangunan, semakin tinggi sebuah bangunan maka semakin dalam pondasinya.

“Artinya, semakin sebuah peradapan ingin maju dan sukses maka seyogyanya semakin dalam usahanya dalam menggali sejarahnya,” kata Ketua Umum HAUL, Habib Sayyid Faishal bin Muhammad bin Abdullah bin Umar bin Beqof, Nasab dari Ayah. sedangkan Nasab dari Ibu ke Datuk; Sayyid Faishal binti Tengku Syarifah Faizah bin Hasan bin Ali bin Tengku Mangkubumi bin Sayyid Muhammad (Wali Sultan) bin Panglima Besar Yang Dipertuan Muda Tebing Tinggi bin Sayyid Usman Shahabuddin didampingi Panitia Pelaksana Abdul Kasdi, di Bentaian, kepada GOPesisir.com, Sabtu (30/4/16).

Habib Faishal sapaan akrabnya ini, menambahkan, atas dasar itu pulalah kami ingin menuangkan sekelumit sejarah singkat seorang Waliyullah yang bernama Sayyid Ali bin Abdurrahman Alydrus yang dikenal dengan sebutan Datuk Batu Hampar. Beliau dimakamkan di Desa Bentaian Kecamatan Batu Hampar, Rohil, Riau.

Dari kiri, Habib Sayyid Faishal didampingi panitia pelaksana HAUL Abdul Kasdi
Dari kiri, Habib Sayyid Faishal didampingi panitia pelaksana HAUL Abdul Kasdi

Diterangkan lagi, seharusnya HAUL ini intinya mengangkat kembali sejarah yang pernah ada di tanah melayu dan untuk melestarikan budaya Nisfu sya’ ban yg sejak dari dulu menjadi kebiasaan para ulama salafus sholeh. “Intinya, HAUL ini dilaksanakan dalam rangka mengingat perjuangan salafus sholeh dalam berdakwah,” terangnya.

Untuk Kabupaten Rohil, Habib Faishal menilai, Bupati H. Suyatno serta jajaran Pemda Rohil sangat antusias dan masyarakatnya sangat menyambut gembira terciptanya HAUL ini. Bagi kita mungkin HAUL ini yang perdana dan kemungkinan juga tanpa kita ketahui sudah ada pendahulu kita yang menghaulkan para waliyullah ini.

“Tapi, inti tujuan dari HAUL ini guna mempererat tali silaturahim sesama masyarakat dalam menggali sejarah-sejarah yang ada dan semoga menjadi anggenda rutinan setiap tahunnya. mengingat Sayyid Ali terakhir pernah menjabat Penasehat Sultan dikerajaan Siak, sedangkan Sayyid Beqof menjabat Perdana Mentri dikerajaan Indragiri dan Sayyid Beqof adalah Datuk saya sendiri,” papar Habib Faishal sembari menunjukan silsilahnya.

Untuk diketahui, HAUL dan helatan Tabligh Akbar tersebut akan diselenggarakan pada Minggu pagi 14 Syakban 1437 Hijriah (Minggu 22 Mei 2016,red). Rangkain kegiatan pada Minggu paginya acara HAUL sedikit kisah ringkasan beliau dan jiarah dimakam beliau lalu malamnya dilanjutkan dengan Tabligh Akbar yang diisi oleh Al Habib Ali bin Husein Assegaf, Habib Alwi bin Muhammad  Alathas dan Habib Hud bin Abdullah Alathas yang pernah mengisi pada Tabligh Akbar di Desa Bentaian waktu lalu.***

Posting by: rmd/nora

Comments

comments

Check Also

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1440 H/ 2018 M Di Markas Kodim 0321 Rohil

ROKANHILIR – Keluarga besar Kodim 0321/Rohil memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1440 H/2018 M, …

-->