Home / Sosial & Lingkungan / Penyebab Listrik di Inhu Sering Padam, Kemas: Semua Itu Bukan Keinginan PLN
Manajer PLN Area Rengat saat memaParkan kondisi PLN di Inhu

Penyebab Listrik di Inhu Sering Padam, Kemas: Semua Itu Bukan Keinginan PLN

RENGAT – Setelah menuai kritikan dari berbagai pihak terkait seringnya terjadi pemadaman listrik di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, managemen PLN (Perusahaan Listrik Negara) Area Rengat beberkan penyebab terjadinya pemadaman.

Kepada wartawan liputan Inhu, Manajer PLN Area Rengat, Kemas Abdul Gaffur, Kamis (3/3/2016) menyebutkan bahwa, di Aula Kantor PLN Area Rengat jalan Lintas Timur Pematang Reba, Manager PLN Area Rengat Kemas Abdul Gaffur memaparkan beberapa penyebab listrik itu jadi padam.

“Ada beberapa penomena yang menyebabkan kondisi listrik tersebut tidak stabil sehingga terjadi pemadaman. Terutama diakibatkan oleh terjadinya gangguan pada jaringan,” ujar Kemas.

Pihaknya menyadari bahwa, listrik saat ini bukanlah sekedar alat penerangan, melainkan bagian dari ekonomi masyarakat. Dan ketika listrik padam, bukan hanya masyarakat saja yang kerepotan, pihak PLN juga akan sibuk karena sudah dipastikan terdapat masalah.

Sehingga lanjut Kemas, ketika terjadi gangguan atau hambatan tersebut, pihaknya harus mengambil dua langkah, yaitu melakukan pelepasan beban secara manual dan pelepasan beban karena gangguan.

Pelepasan beban secara manual itu bertujuan untuk, pencegahan terjadinya padam total, pencegahan terjadinya kerusakan yang lebih besar pada pembangkit dan jaringan yang berpotensi terbakar.

Sedangkan pemberlakuan pelepasan beban karena gangguan tersebut karena disebabkan, tertimpa pohon, tersentuh binatang, kondisi alam (bencana) dan human erorr seperti tiang ditabrak mobil dan lain sebagainya. “Jika hal ini terjadi, maka kita akan melakukan pelepasan beban,” terangnya.

Dengan demikian, pihaknya berharap kepada masyarakat agar bisa memahami kondisi yang terjadi, karena itu semua bukan keinginan pihak PLN, melainkan semata-mata karena gangguan yang tidak disangka-sangka, pungkasnya. ***

goriau.com

Comments

comments

Check Also

Ditanya Tentang Dana Kas, Ketua DPRD Tanya Jumlah Wartawan

LINGGA – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lingga, Ahmad Nasirudin terkesan enggan menjawab …

-->