Home / Sosial & Lingkungan / Ini Upaya Kapolres Kepulauan Meranti Tingkatkan SDM Personil
perpustakaan mini kapolres kepulauan meranti

Ini Upaya Kapolres Kepulauan Meranti Tingkatkan SDM Personil

SELATPANJANG – Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi melalui Kabag Ops Polres Kepulauan Meranti AKP Antoni L Gaol SH MH membuat terobosan baru untuk meningkatkan kemampuan SDM di Mapolres. Salah satu tujuan dari terobosan adalah untuk membuat penegak hukum di Meranti lebih mengerti dengan hukum.

Terobosan yang dimaksud adalah dengan mendirikan perpustakaan mini yang dilengkapi sekitar 300 sampai 350 judul buku. Buku-buku itu diletakkan di dalam ruangan Kabag Ops Polres Kepulauan Meranti. “Saya suruh semua anggota membaca buku. Sebelum berurusan dengan saya, harus baca dulu buku yang mana saja,” ungkap Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, melalui Kabag Ops Antoni ketika ditemui GoRiau, Kamis (3/3/2016).

Kata Antoni pula, buku-buku yang disiapkan antara lain mengenai hukum, sosiologi, kriminologi dan kejahatan, serta undang-undang yang berhubungan dengan tindak pidana tertentu di luar KUHP. “Polisi itu penegak hukum, jangan sampai tak mengerti tentang hukum,” ujarnya lagi.

Aktivitas membaca di sela-sela kesibukan Polri ini, selain membuat personil semakin kaya pengetahuan, juga untuk aktivitas lain selain tugas pokok. Apalagi untuk wilayah kepulauan seperti di Meranti ini, tambah Antoni, jika diamati dari aktivitas personil dengan ruang lingkup yang tidak begitu luas, memang harus ada terobosan baru.

“Saya bikin terobosan ini untuk menggugah minat membaca pada anggota. Kita didukung Kapolres yang sebelumnya sudah bekerjasama dengan gramedia untuk mensupport buku,” ungkap Antoni.

“Kita beri gambaran kepada anggota Polri, bagaimana personil berfikir dan berbuat, agar mereka memahami betul fungsi dan peranannya di tengah masyarakat. Disamping sebagai pengayom dan pelindung, polisi juga penegak hukum, itu artinya harus mengerti betul tentang hukum. Kan lucu, masa penegak hukum tak tau hukum,” tambah mantan Kasat Reskrim Polres Meranti itu lagi. ***

goriau.com

Comments

comments

Check Also

KPU Pelalawan Aminkan Isu Lingkungan di Debat Paslon 

PELALAWAN – Konsep Pembangunan Berkelanjutan yang dibawa oleh NGO (Non Government Organication) Penabulu dari Jakarta, …

-->