Home / Berita Riau / Bupati Suyatno Instruksikan, Agar Camat dan Penghulu Tidak Mengeluarkan Surat Tanah Sembarangan

Bupati Suyatno Instruksikan, Agar Camat dan Penghulu Tidak Mengeluarkan Surat Tanah Sembarangan

BANGKO – Bupati Rohil H. Suyatno Amp intruksikan kepada seluruh Camat dan Datuk Penghulu, agar tidak ada lagi mengeluarkan surat tanah dengan sembarangan. Karena pada saat kejadian Karlahut baru-baru ini di Kecamatan Kubu, Rohil, Riau, tidak ada satu orang pun yang mengakui siapa pemilik lahan tersebut.

“Ini yang membuat heran, satu orang pun tidak ada yang tau. Jika suatu saat diatas lahan tersebut ada yang menanami atau menggarapnya, Pak Kapolres, langsung tangkap saja orang itu, jangan kasi ampun. Sekarang lahan itu sudah di Polisi Line,” demikian kata Bupati H. Suyatno, pada apel siaga asap karna Karlahut 2016, baru-baru ini dihalaman Mapolres Rohil.

Lahan yang baru-baru itu terjadi Karlahut, sambung Suyatno, sudah dilaporkan kepada Ibu Mentri pada saat jumpa Pak Presiden Jokowi dan beberapa Kementrian baru-baru ini. Jika dikenakan, diatas lahan itu dapat dikelola sebagai lahan tanaman palawija. Karena Kabupaten Rohil banyak pontensi tanaman palawija yang bisa digarap dan dikembangbiakkan.

“Ya, mulai dari Kedelai, Jagung, Kacang, Cabai dan juga tanaman sayur mayur lainnya. Potensi inilah yang harus digali dan dikembangkan kemasyarakat,” urainya.

Bupati Suyatno didampingi Ketua DPRD Nasrudin Hasan dan Kapolres Subiantoro, meninjau peralatan saiaga Karlahut di Mapolres Rohil
Bupati Suyatno didampingi Ketua DPRD Nasrudin Hasan dan Kapolres Subiantoro, meninjau peralatan saiaga Karlahut di Mapolres Rohil


Selain itu, sambungnya, seluruh Perusahaan yg ada di Rohil juga diintruksikan untuk membantu dan tanggap siaga Karlahut, tanpa terkecuali. Dan semua perusahaan yang berdomisili diwilayah Kabupaten Rohil, wajib membantu dan turun langsung kelapangan guna mengatasi Karlahut dimana pun berada.

“Marilah sama-sama kita jaga negri ini. Bagi pemilik lahan, jangan sembarangan membakar lahan. Pihak penegak hukum dan Pemerintah sudah komitmen untuk menindak tegas para pelaku Karlahut. Ini sudah menjadi harga mati,” tegasnya.

Bupati Suyatno didampingi tim opsnal siaga Karlahaut Polres Rohil saat mencoba unit pompa air didanau buatan kampus IPDN Rohil, Riau.
Bupati Suyatno didampingi tim opsnal siaga Karlahaut Polres Rohil saat mencoba unit pompa air didanau buatan kampus IPDN Rohil, Riau.


Ditambahkan orang nomor satu Rohil ini, untuk kelengkapan siaga Karlahut, Pemprov Riau akan bantu 18 Unit mesin pompa air dan 1 Unit Mobil Damkar. Ditambah oleh Bank Riau Kepri diminta menyiapkan 20 Unit mesin pompa air dan 3 Unit Sepeda Motor Trail untuk aparat TNI patroli.

“Ini bentuk kepedulian Pemprov Riau mau pun Pemda Rohil untuk komitmen saiaga tanggap Karlahut. Apa lagi Provinsi Riau sudah menjadi senter salah satu penyumbang asap jika Karlahut terjadi,” ungkapnya.(emel/adv/pemkab)

Comments

comments

Check Also

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1440 H/ 2018 M Di Markas Kodim 0321 Rohil

ROKANHILIR – Keluarga besar Kodim 0321/Rohil memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1440 H/2018 M, …

-->