Home / Kesehatan / Ayo…! Bawa Anak Kita Untuk PIN Polio Gratis

Ayo…! Bawa Anak Kita Untuk PIN Polio Gratis

BANGKO – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016 yang akan dilaksanakan pada 8-15 Maret mendatang. Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, Dr Junaidi Saleh mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menyukseskan program tersebut.

“Dihimbau kepada orang tua yang memiliki anak mulai usia nol sampai 59 bulan wajib membawa anaknya ke Puskesmas, Posyandu maupun Pustu untuk diberikan imunisasi Polio secara geratis,” demikian kata Kepala Dinas Kesehatan Rohil Dr Junaidi Saleh, Sabtu (5/3/16) via selulernya.

Penyakit Polio sambungnya, merupakan penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus Polio, secara klinis penyakit ini bisa menyerang anak dengan ciri-ciri lumpuh layu.

“Makanya pencanangan yang kita lakukan tersebut semuanya untuk kebaikan masyarakat, kalau sudah lumpuh layu keluarga juga yang jadi susah,” jelasnya.

Imunisasi yang diberikan nanti katanya kembali, juga merupakan salah satu upaya pencegahan paling efektif, karena selain dapat mencegah penyakit tapi juga dapat melindungi diri dan orang sekitar. Kesadaran akan pentingnya imunisasi diharapkan tumbuh dari orang tua sehingga bayi dan anak memiliki ketebalan tubuh yang dibutuhkan.

“Karena menjadi sehat adalah hak anak, dan anak yang sehat investasi bagi orang tuanya. Untuk itu, mari datang ke Puskesmas dan Posyandu terdekat guna mendapatkan imunisasi polio secara gratis,” himbau Junaidi.

Ia menambahkan, pelaksanaan PIN Polio 2016 ini tidak hanya dilakukan secara serentak di Indonesia melainkan dunia guna menyongsong Eradikasi Polio Global 2020.

“Untuk di Rokan Hilir pencanangan dipusatkan di Puskesmas Bagan Punak, Kecamatan Bangko. Dan nantinya Pak Bupati yang membuka acara tersebut,” tandasnya.(did)

Comments

comments

Check Also

Jadi Narsum Pada Webinar Nasional, Ini Kata Dr. Misri

MERANTI – Dampak stunting adalah terganggunya perkembangan otak, kecerdasan, gangguan pada pertumbuhan fisiknya, serta gangguan …

-->