Home / Kesehatan / Pemprov Riau Luncurkan Program Samsat Online, Pj Bupati Inhu: Ini Akan Memudahkan Masyarakat Saat Bayar Pajak
Plt Gubernur Riau saat penandatanganan kesepakatan bersama

Pemprov Riau Luncurkan Program Samsat Online, Pj Bupati Inhu: Ini Akan Memudahkan Masyarakat Saat Bayar Pajak

RENGAT – Guna meningkatkan sumber pendapatan daerah, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Riau menyambut baik kehadiran Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) berbasis online yang digagas oleh Pemprov Riau.

“Dengan hadirnya program Samsat online ini, diharapkan akan semakin memudahkan masyarakat dalam memenuhi kewajibannya untuk membayarkan pajak kendaraan,” ujar Pj Bupati Inhu H Kasiarudin, usai menghadiri acara Launching Samsat Online yang diselenggarakan oleh Dispenda provinsi Riau bersama Polda dan Jasa Raharja, Minggu (14/2/2016) di Pekanbaru.

Dikatakannya, samsat online ini merupakan salah satu terobosan positif yang dilakukan oleh Pemprov Riau yang bertujuan untuk meningkatkan sumber pendapatan daerah.

Dengan demikian, Pemkab Inhu sangat berkomitmen untuk mencapai harapan tersebut. “Kita menyambut baik Samsat online ini. Saya mengucapkan terimakasih kepada pihak Pemprov Riau atas dihadirkannya Samsat berbasis online ini,” tegasnya.

Sebagai mana diketahui, Pemprov Riau melalui Dinas Pendapatan Daerah Riau, Polda Riau dan Jasa Raharja, Minggu (13/2/2016) telah menghadirkan pelayanan Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) berbasis online.

Launching Samsat online itu dibuka langsung oleh, Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, dengan ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama dan prasasti enam unit Kantor (UPT) Pemberian Keringanan Denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang telah dibangun di enam kabupaten.

Diantaranya, UPT Kabupaten Inhu yang berada di Jalan Lintas Pematang Reba-Rengat, Kabupaten Rohul, Duri, Kepulauan Meranti, Siak dan Kuantan Singingi.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kapolda Riau Brigjen Dolly Bambang Hermanto, perwakilan Korem 031 Wirabima, anggota DPRD Provinsi Riau, para pejabat di lingkungan Pemprov Riau, Dirut Bank Riau Kepri Irvandi Gustari, serta para bupati atau perwakilan kepala daerah kabupaten/kota se Provinsi Riau.

Sementara dari Kabupaten Inhu, launching Samsat online itu dihadiri langsung oleh, Pj Bupati H Kasiarudin bersama istri Hj Bary Agustini Said dan Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo.

Sebelumnya, dalam kesempatan itu, Kepala Dispenda Provinsi Riau SF Hariyanto menjelaskan bahwa, selain Samsat online dan pelayanan samsat keliling, Dispenda Riau akan melakukan kunjungan dari rumah kerumah. Hal itu merupakan salah satu bentuk upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya yang berada dikawasan yang sulit untuk dijangkau.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman sangay mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Dispenda Riau itu.

Menurutnya, langkah ini merupakan salah satu upaya “jemput bola” dalam menggali potensi pajak sekaligus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta upaya peningkatan pendapatan daerah.

“Dengan adanya terobosan ini, selain sumber pendapatan daerah yang meninglat, saya harapkan peningkatan kemampuan sumber daya manusianya pun menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan,” pungkasnya. ***

goriau.com

Comments

comments

Check Also

Halal Bi Halal Di Kecamatan Teluk Mengkudu, Wabup Sergai: Sergai Mencanangkan Gema Losari

SERGAI -(GOPesisir.com)- Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya SE menghadiri Halal …

-->