Home / Kesehatan / Jelang Sensus Ekonomi 2016, BPS Pelalawan Rekrut Petugas Lapangan
kantor BPS kabupaten pelalawan

Jelang Sensus Ekonomi 2016, BPS Pelalawan Rekrut Petugas Lapangan

PANGKALANKERINCI – Kabupaten Pelalawan, Riau, akan melakukan Sensus Ekonomi (SE). Sensus tersebut merupakan salah satu tugas amanah Badan Pusat Statistik (BPS) seperti yang tertera dalam Undang-undang Statistik Nomor 16 tahun 1997.

Dikatakan Kepala BPS Kabupaten Pelalawan, Agustinus Harianto, Rabu (10/2/2016), menjelang pelaksanaan SE 2016, pihaknya telah melakukan perekrutan petugas SE.

Menurutnya, SE telah dilaksanakan empat kali yaitu tahun 1976, 1986, 1996, 2006 dan akan dilaksanakan kembali pada tahun 2016.

“Dari 400 lebih yang ikut seleksi, sebanyak 296 orang yang lulus. Ini akan bertugas sebagai petugas SE yang terdiri dari 219 pencacah lapangan dan 77 pengawas lapangan,” sebutnya.

Dikatakan Agustinus, petugas SE yang lulus nantinya akan dibekali pelatihan tentang apa-apa saja indikator yang akan tanyakan kepada responden dalam bentuk angket.

“Setelah pendataan angket, lalu akan diproses dengan sistem scanner. Secara otomatis apa-apa saja yang ditanyakan, dengan sendirinya data terinput. Apabila angket rusak atau terlipat maka akan dilakukan input manual, namun hal itu minim terjadi,” bebernya.

Dari 12 kecamatan, lanjut Agustinus, Kecamatan Pangkalan Kerinci merupakan wilayah yang dikategorikan terbanyak petugas SE nya, sebab sebagai pusat kota dan masyarakat serta pelaku usahanya paling banyak.

“Maksimal 1 pengawas lapangan akan mengawasi 3 petugas lapangan. Pendataan dilakukan berdasarkan blok sensus, yaitu lokasi yang menjadi objek pendataan. Satu blok umumnya terdiri dari 80 sampai 120 kepala keluarga,” pungkas Agustinus.***

goriau.com

Comments

comments

Check Also

Halal Bi Halal Di Kecamatan Teluk Mengkudu, Wabup Sergai: Sergai Mencanangkan Gema Losari

SERGAI -(GOPesisir.com)- Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya SE menghadiri Halal …

-->