Home / Advetorial / Indah Alam Wisata Pulau Jemur Kabupaten Rokan Hilir
Indahnya alam wisata pulau jemur

Indah Alam Wisata Pulau Jemur Kabupaten Rokan Hilir

GoPesisir.Com – Pulau Jemur adalah salah satu Objek Wisata di Pulau Sumatera tepatnya di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Meski Objek Wisata ini tidak begitu populer di Sumatera, tapi keindahan alam di Pulau ini tidak bisa di anggap sepele.

Sekilas tentang Pulau Jemur, Alam Wisatanya Rohil.

Nama Pulau Jemur juga lekat dengan istilah ‘Pak-ku’ yang dalam bahasa Hokkian berarti penyu dari utara. Istilah ‘Pak-ku’ hingga kini masih sering digunakan oleh para nelayan pesisir Riau. Pulau Jemur terletak lebih kurang 45 mil dari Ibukota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi, dan 45 mil dari Negara Tetangga yakni, Malaysia, dan Provinsi Sumatera Utara merupakan Provinsi yang terdekat dari Pulau Jemur. Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau antara lain, Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil Lainnya.

By humas pemkab rohil
By humas pemkab rohil

Pulau Jemur memiliki Pemandangan dan Panorama alam yang indah, selain itu Pulau Jemur ini amat kaya dengan hasil lautnya, di samping iti Pulau Jemur dihuni oleh Spesies Penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu itu naik ke pantai untuk bertelur satwa langka ini dapat bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekornya. Selain itu Pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lain diantaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas.

Bila dilihat dari potensi, letak dan posisi Pulau Jemur sangat cocok di kembangkan menjadi kawasan Resort, dimana berbagai kegiatan wisata sangat banyak untuk dapat dikembangkan di Pulau Jemur ini, diantaranya, berselancar, menyelam, dayung dan sebagainya.

Surga Bagi Penyu Hijau

Penyu raksasa milik pulau jemur
Penyu raksasa milik pulau jemur

Penyu Hijau adalah hewan langka yang di lindungi oleh Pemerintah. Jika anda ingin berwisata di pulau ini, anda bisa melihat langsung penyu hijau terutama di malam hari. Di kawasan pulau ini memang ada penangkaran penyu hijau, tapi sepertinya akhir-akhir ini program penangkaran tersebut tidak sepenuhnya berjalan dengan baik.

Istnet
Istnet

 

Di pulau ini tidak begitu ramai, tapi kenyamanan yang sesungguhnya akan anda temukan disini. Untuk mencari suasana yang tenang, jauh dari keramaian kota. Tempat Wisata ini bisa menjadi pilihan anda. Beningnya air laut, suasana pulau yang tenang, akan memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya.

Untuk mencapai pulau ini tidak begitu sulit, anda bisa melalui Ibukota Kabupaten Rokan Hilir, yaitu Bagan Siapi api dengan menaiki speed boat. Lama perjalanan kurang lebih 2 jam, selain itu bagi anda yang merupakan negara tetangga yaitu Malaysia, bisa langsung dari sana. Karena Pulau Jemur ini berbatasan langsung dengan Malaysia.

Nah, sekian ulasan mengenai Pulau Jemur ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda yang sedang mencari tujuan wisata alam yang nyaman, yang jauh dari keramaian kota.

Posted By : Ady Kenzie***

Comments

comments

Check Also

Plh. Bupati Bengkalis Hadiri Rapat PAM-Pre Award Meeting

BENGKALIS – Plh. Bupati Bengkalis H Bustami HY menghadiri rapat persiapan penunjukan penyedia jasa (PAM- …

-->