Home / Sosial & Lingkungan / Diskes Rohil: Cuaca Tidak Menentu, Waspadai Pengembangan Wabah DBD

Diskes Rohil: Cuaca Tidak Menentu, Waspadai Pengembangan Wabah DBD

Gopes, Bangko – Melihat kondisi cuaca saat ini yang tidak menentu Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, menghimbau masyarakat agar waspada terhadap penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pada saat ini memang dinilai terjadi perubahan cuaca yang cenderung ekstrem, dari keadaan panas yang mendadak mendung atau turun hujan. Kondisi ini dinilai rawan dengan terjadinya penyakit demam berdarah.

“Ya, kalau musim hujan dan panas seperti sekarang ini bisa saja terjadi dimana nyamuk dewasa bertelur, saat kemarau tiba sudah menetas. Nah, siklus seperti itulah sehingga dapat berkembang biak,” kata Kadiskes Rohil Dr H M Junaidi Saleh, Rabu (3/2/16) di Bagansiapiapi.

Dijelaskan Junaidi kembali, wabah DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus DBD yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Serangan virus itu bisa menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah sehingga mengakibatkan pendarahan.

Saat ini sambungnya, Rohil sedang mengalami musim yang tidak menentu, bahkan perubahan cuaca dapat menimbulkan berbagai penyakit.

“Saya mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dengan kondisi alam saat ini. Peran serta masyarakat juga sangat penting dalam memberantas penyakit tersebut dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dengan pola hidup bersih dan sehat (PHBS),” pintanya.(emel)

Comments

comments

Check Also

Tovapestore Tembilahan: Pakai Masker Dapat Potongan Harga

INHIL – Sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran dan penularan …

-->