Home / Berita Riau / Dihadiri Plt Gubri dan Bupati Rohil, Pangdam I Bukit Barisan Resmikan Makodim 0321/Rohil

Dihadiri Plt Gubri dan Bupati Rohil, Pangdam I Bukit Barisan Resmikan Makodim 0321/Rohil

BANGKO – Panglima Daerah Militer (Pangdam)  I Bukit Barisan Mayjend TNI Lodewyk Pusung resmikan keberadaan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0321 di Rokan Hilir, Senin, (22/02/16). Pangdam salut dengan Pemkab Rohil yang telah membangun gedung Makodim yang begitu megah. ‎Ia berharap keberadaan Kodim 0321/Rohil bermanfaat bagi masyarakat.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti, pembukaan kain papan plang dan penguntingan pita yang dilakukan oleh Pangdam I BB didampingi, Bupati Suyatno, Plt.Gubri Andi Rahman, Danrem 0321/Wirabima Brigjend. TNI (Arh) Nurendi dan Dandim 0321 Bambang Sukiswo.

Tampak hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Siak, Sekda Bengkalis, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Riau dan Rohil, Direktur IPDN Kampus Rohil, Kapolsek, Camat, Lurah/Penghulu Se-Rohil, Tokoh agama, Kepala Badan/Kantor/Dinas dan Kepala Bagian dan seluruh jajaran TNI.

Bupati Suyatno dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Pemerintah Daerah dan masyarakat Rokan Hilir sangat bahagia dengan diresmikannya Makodim 0321. Menurutnya Wilayah Rohil akan aman dan kondusif. “Sudah lama kami idam-idamkan peresmian ini. Sempat tertunda beberapa kali, akhirnya pada hari ini terwujudlah peresmian Makodim ini. Masyarakat akan senang,” kata Suyatno.

Terkait dengan luas lahan yang tersedia saat ini hanya dua hektar, Bupati berjanji dalam waktu dekat dirinya akan berkoordinasi dengan Ketua DPRD Rohil. “Saya dapat bisikkan dari Pangdam, kok cuma 2 hektar lahannya, Panglima jangan khawatir, akan kami siapkan sisa lahan yang dibutuhkan untuk latihan menembak nanti,” janji Suyatno.

Dikesempatan yang sama, Plt. Gubernur Riau Ir. H. Arsyad Juliandi Rahman, MBA mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pangdam I BB di Rokan Hilir dalam rangka peresmian Makodim 0321 Rokan Hilir. “Dengan segala kesibukan, akhirnya Pangdam I luangkan waktuu untuk meresmikan Makodim ini”, ujar Plt. Gubri.

Pada kesempatan itu, Plt. Gubri menyampaikan kepada Pangdam bahwa di Provinsi Riau baru 7 Kodim yang terbentuk, masih kurang 5. “Insyaallah Pak Pangdam pasti akan mendengar apa yang kita sampaikan hari ini”, kata  Plt. Gubri sambil menyebutkan jumlah Penduduk Riau saat ini berjumlah 6,3 juta jiwa, tersebar di 12 Kabupaten/Kota ke Pangdam.

Sementara, Pangdam I BB dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Rokan Hilir yang telah menyiapkan gedung Makodim yang begitu megah lengkap dengan fasilitas rumah dinas dan Barak.

“Gedung ini cocoknya jadikan gedung Korem, karena megah. Apalagi rumah dinasnya, kalah rumah dinas Pangdam. Saya pernah meresmikan Kodim, tapi hanya setengah dari gedung ini. Ini luar biasa, sangat besar,” kata Pangdam.

Dirinya berpesan kepada seluruh jajaran Kodim 0321, jangan sampai keberadaan Kodim tidak ada manfaat bagi masyarakat. “Jangan tidak atau adanya kodim, biasa-biasa saja, tidak ada pengaruhnya. Jangan sampai itu terjadi. Kodim berdiri harus ada manfaatnya. Dia harus bagian dari solusi masalah yang ada di Rohil”, pesan Pangdam.

Dia juga menceritakan, ketika dirinya berbincang dengan Bupati Suyatno. Bupati Suyatno sangat ingin mengembalikan kembali kejayaan kota Bagansiapiapi yang dulunya merupakan kota penghasil ikan terbesar.

“Beliau (Bupati Suyatno-Red) mau buat pabrik ikan, saya bilang percuma buat pabrik ikan, kalau oknum aparat yang jahat tidak dibasmi duluan,” beber Pangdam.

Untuk mewujudkan keinginan Bupati Suyatno, Pangdam berjanji akan mengambil sikap tegas kepada prajuritnya jika ada yang bermain-main dalam meloloskan ekspor ikan ke Selat Malaka. “Saya tidak ada beban, siapa pun dia, saya akan laporkan ke panglima TNI. Sanksinya akan dipecat. Jangan coba-coba,” tegasnya.

Sebelumnya, rombongan Pangdam I BB, Plt. Gubri dan Danrem 0321/Wirabima datang mengunakan 3 Helikopter, 2 Milik TNI, 1 nya milik Sinar mas. Rombongan disambut Bupati Rohil, Kapolres, Ketua DPRD, Kajari Bagansiapiapi dan Ketua Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Ujung Tanjung di lapangan Purna MTQ Batu Enam.***

Comments

comments

Check Also

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1440 H/ 2018 M Di Markas Kodim 0321 Rohil

ROKANHILIR – Keluarga besar Kodim 0321/Rohil memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1440 H/2018 M, …

-->